Sentuhan Batik pada Hunian Modern

Batik adalah salah satu budaya Indonesia yang sangat terkenal dan sudah mendunia, cerita dan sejarah yang terjadi dibaliknya, keunikan pada pembuatan serta perpaduan warna dan motifnya menjadikan batik banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pakaian, hingga sebagai dekorasi di hunian tempat tinggal.

Ada banyak cara untuk memasukan unsur batik pada hunian, contohnya pada furniture, batik dapat diaplikasikan pada meja atau kursi, motif batik dapat disesuaikan dengan kota asal keluarga untuk kesan interior yang terasa lebih dekat dengan pemilik hunian, ataupun motif batik dapat juga dipilih berdasarkan batik yang menginsirasi pemilik hunian.

https://www.bramblefurniture.com/journal/jenis-batik-etnik-sebagai-dekorasi-rumah/
http://www.malkelapagading.com/articles/cantik-dengan-batik

Jika batik pada furniture dirasa terlalu berlebihan, batik juga dapat diaplikasikan pada aksesoris furniture seperti lampu, pembatas ruangan, atau dekorasi dinding. Penempatan batik pada aksesoris furniture dengan porsi yang seimbang akan memberi kesan nusantara yang tidak terlalu kuat namun tetap dapat dirasakan pada ruangan tersebut.

https://www.mydeal.com.au/batik-pendant-lamp-sml-3843122
https://delution.co.id/en/project/detail/finity
https://malika.id/product/dekorasi-rumah-hiasan-dinding-kulit-batik-kawung/
https://delution.co.id/en/project/detail/finity

Pada penggunaan batik, warna tetap menjadi aspek yang penting dalam penggunaannya, warna-warna yang dipakai pada aksesoris maupun furniture hunian ini dapat membantu pemilik hunian dalam mempresentasikan karakteristiknya, contohnya dengan warna warna natural seperti cream dan coklat, akan memberikan kesan dan karakteristik yang sederhana dan berjiwa bijak, warna warna terang akan memberikan kesan ceria dan berjiwa muda.

https://www.flickriver.com/photos/yhila/50013164632/
https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g297713-d8629230-i247640623-Alila_Solo-Solo_Central_Java_Java.html
Arsita Putri Yunanda Regin