Share to Care #1 – 2017

Kesuksesan dan kebahagiaan akan sangat berarti jika kau mau berbagi dengan orang lain. – Albert Camus

Kutipan dari seorang penulis perancis diatas sangat kami pahami ketika kami memulai kegiatan Share to Care yang pertama pada tanggal 30 April 2017 lalu. Untuk lebih jelasnya, kegiatan Share to Care adalah kegiatan kolaborasi Antara Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) sebagai bentuk Pengabdian Pada Masyarakat. Dalam kegiatan ini, kami berbagi ilmu dan keterampilan kami pada anak-anak panti asuhan yang kurang mendapatkan pendidikan layak.

Dimulai dari hal yang sederhana

Kami melakukan kegiatan ini di Panti Asuhan Chairunnissa yang berlokasi di Jl Sawo III/35, Tebet, Jakarta. Aktivitas yang kami lakukan sangat sedehana, kami hanya berbagi ilmu kami baik secara akademis dan non akademis, serta moral agar anak-anak tersebut mendapat bekal dan keterampilan yang cukup untuk masa depan mereka.

Materi Public Speaking

Kami rasa anak-anak sudah harus dilatih untuk percaya diri dalam berkomunikasi sejak dini. Dengan mempelajari dan latihan berbicara di depan umum akan mengasah mereka untuk berani menyampaikan pendapat dan mengasah jiwa kepemimpinan. Maka, kami isi sesi pertama kami dengan materi Public Speaking dan membesarkan hati anak-anak panti untuk langsung mempraktekannya di depan kelas. Kegiatan lalu kami tutup dengan berbagi pengalaman pada anak-anak panti asuhan.

Kemudian semuanya mulai terasa menyenangkan..

Setelah sesi materi, kami mengajak anak-anak panti asuhan untuk bermain games bersama. Permainan ini membuat anak-anak panti dan panitia aktif bergerak dan bercanda bersama sehingga membuat suasana menjadi santai dan menyenangkan.

Ditutup dengan Bekal Keterampilan

Kegiatan terakhir kami isi dengan mengajarkan prakarya membuat bros dari kain yang tidak terpakai. Anak-anak terlihat antusias dalam membuat prakarya. Pertanyaan seperti “Bagaimana caranya, Kak?”, “Kalau seperti ini benar tidak?”, “Akhirnya jadi!” membuat kami merasa apa yang kami lakukan tidak sia-sia.

Pada Akhirnya,

Acara kami tutup dengan mengulas kembali materi Public Speaking dan manfaat dari menggunakan barang bekas untuk prakarya. Anak-anak terlihat telah mengerti tentang apa yang kami ajarkan dan puas dengan hasil prakarya mereka masing-masing. Reaksi mereka yang telah menerima kami dengan antusias membuat kami dengan semangat berkata “Sampai ketemu lagi di acara Share to Care minggu berikutnya!”

Kavita Komala