STUDY TOUR HIMARS “A GLIMPSE INTO THE HEARTS OF THAILAND” 2024

Study Tour merupakan salah satu program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARS) Binus University. Program kerja ini diperuntukan mahasiswa Jurusan Arsitektur  Universitas Bina Nusantara angkatan 2025-2026, dalam rangka mempelajari objek-objek arsitektur yang berada di luar negeri dan mengenalnya secara langsung.  

Study Tour tahun 2024 ini merupakan program kerja pertama yang telah berhasil membawa 26 Peserta Mahasiswa/i Arsitektur Bina Nusantara kembali ke luar negeri lagi, setelah masa pandemi berakhir dan didampingi oleh 1 Dosen Arsitektur Bina Nusantara yaitu Bapak Denny Setiawan. Acara ini juga mendapatkan bantuan dari Interlink Tours and Travel, yang merupakan Travel Agent yang sudah memiliki banyak pengalaman sebagai Tour Leader dan Tour Guide ke luar negeri.

Study Tour tahun 2024 mengangkat tema “A Glimpse into the Hearts of Thailand” yang bermaksud untuk mempelajari perkembangan kota dan arsitektur tradisional dalam konteks yang sebanding dengan situasinya di Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada kesempatan ini, Thailand, khususnya Bangkok sebagai ibu kota, adalah negara pilihan untuk memperluas wawasan tentang perkembangan kota dan arsitektur tradisional. Study Tour 2024 ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada Selasa, 30 Januari 2024 sampai Jumat, 2 Februari 2024.

Study tour ke Bangkok adalah kesempatan yang menarik untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang keberagaman arsitektur yang kaya dan inovatif. Bangkok, sebagai ibu kota Thailand, menawarkan berbagai gaya arsitektur yang mencakup tradisional, modern, dan kontemporer. Melalui studi di Bangkok, peserta akan memiliki kesempatan untuk mempelajari dan menganalisis bangunan bersejarah yang penting, seperti kuil-kuil dan istana yang mencerminkan warisan budaya yang kaya. Selain itu, peserta juga akan mempelajari arsitektur modern dengan mengeksplorasi gedung pencakar langit yang megah, pusat perbelanjaan yang futuristik, dan infrastruktur kota yang inovatif. 

Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2024. Setelah mendarat di Don Mueang International Airport, kunjungan pertama adalah Mahanakhon Skydeck Building dimana kami dapat melihat pemandangan kota Bangkok secara 360 derajat pada ketinggian yang lebih dari 300 meter (74 lantai) dengan menggunakan transportasi vertikal yang hanya memakan waktu 50 detik. Kunjungan kedua adalah Wat Arun, yang merupakan Candi Buddha paling cantik dan tertinggi di Thailand. Kunjungan terakhir adalah Asiatique Riverfront, merupakan kawasan belanja terbuka yang menghadap langsung ke sungai Chao Phraya.

Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2024. Di hari kedua ini, adalah hari yang dikhususkan untuk mengunjungi Universitas ternama di Bangkok, Thailand. Kunjungan pertama adalah Chulalongkorn University, di sini peserta diberikan tour mengelilingi kampus fakultas arsitektur yang dipimpin oleh Assistant Professor Sarayut Supsook selaku Dean of Faculty of Architecture Chulalongkorn University, setelah itu peserta mengunjungi Library dari Faculty of Architecture Chulalongkorn University yang memiliki desain interior yang modern dan unik. Kunjungan kedua adalah Silpakorn University, di sini peserta juga diberikan tour mengelilingi kampus fakultas arsitektur serta pemaparan materi mengenai Arsitektur di Silpakorn University yang dipimpin oleh Assoc. Prof. Apiradee Kasemsook selaku Dean of Faculty of Architecture Silpakorn University.

Hari ketiga dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2024. Di hari ini, kunjungan pertama adalah Wat Pho, yang merupakan Candi tertua dan terbesar di Bangkok. Wat Pho dikenal dengan adanya 1.000 lebih patung Buddha dan juga patung Buddha raksasa sepanjang 46 meter dalam posisi tertidur yang merupakan alasan dikenalnya Wat Pho ini. Kunjungan kedua adalah The Commons, tempat ini merupakan tempat hangout ternama dengan desainnya yang terbuka dan hijau. Kunjungan terakhir adalah Thailand Creative and Design Center, tempat ini adalah bangunan bersejarah karena arsitekturnya yang ingin mendorong pengunjungnya untuk dapat lebih produktif dalam berekonomi secara kreatif, bangunan ini berisikan pameran desain, pameran material, perpustakaan, bengkel, coworking space, dan lain-lain.

Hari keempat yang merupakan hari terakhir Study Tour 2024 dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2024. Di hari ini, kunjungan pertama adalah Big Bee Honey, disini peserta diajarkan manfaat dan cara pengolahan salah satu toko madu yang ternama di Bangkok. Kunjungan kedua adalah kunjungan ke Firma dari Architects A49, di sini peserta diberikan pengajaran mengenai cara mendesain bangunan, serta melihat cara kerja profesi sebagai seorang Arsitek di Architects A49, selain itu peserta juga melihat pameran desain dari bangunan-bangunan yang telah dirancang oleh Architects A49. Kunjungan ini dipimpin oleh Somkiat Lo-Chindapong, selaku Deputy Managing Director dari Architects A49.

Study Tour 2024 merupakan langkah awal bagi HIMARS Bina Nusantara University, untuk membangun kembali kegiatan rekreasi sekaligus belajar mengenai Sejarah dan Arsitektur tradisional serta modern di luar negeri. Sampai Jumpa di Study Tour 2025.