Temu Keakraban Himpunan 2023

Temu Keakraban Himpunan (TKH) merupakan salah satu program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARS) BINUS University. Program kerja yang dibuat diperuntukkan Mahasiswa baru Jurusan Arsitektur Universitas Bina Nusantara dalam rangka menyambut dengan hangat mahasiswa baru, mengenalkan Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARS), mengakrabkan angkatan Binusian 2027, Binusian 2026, dan Binusian 2025. Selain mengenalkan, menyambut dan mengakrabkan mahasiswa baru jurusan Arsitektur, acara TKH ini juga memberikan ilmu dasar dalam perkuliahan Arsitektur di BINUS University.

TKH pada tahun ini akan dilaksanakan secara onsite, hal ini dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang sudah kembali normal dan kembali beraktivitas seperti semula, tetapi tetap akan menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak demi tetap menjaga kesehatan bersama.

Kegiatan TKH 2023 ini mengambil tema yaitu ‘’HA!’’ yang mempunyai kepanjangan (Hello Architecture !). Tema ini mempunyai arti bahwa acara TKH akan menjadi sambutan dan pengantar sebelum masuk ke dalam perkuliahan arsitektur bagi para mahasiswa baru B27 di jurusan Arsitektur Universitas Bina Nusantara. Harapan dari TKH 2023 ini adalah mahasiswa baru bisa lebih mengenal satu sama lain, dapat lebih awal mengenal jurusan Arsitektur, mengenal keorganisasian HIMARS BINUS University, serta mahasiswa baru B27 dapat memperoleh bekal materi yang akan digunakan selama proses perkuliahan terutama pada semester 1.

Pada pelaksanaan hari pertama TKH 2023 pada Jumat, 8 September 2023 terdapat beberapa rangkaian acara seperti sharing session yang memiliki tema “Lika-Liku Kehidupan Mahasiswa Arsitektur” dimana sharing session ini dibawakan oleh salah satu B25 jurusan arsitektur, yakni Jyutoku Mailoa. Sharing session ini berisi mengenai tips dan trick menghadapi perkuliahan di tahun pertama serta, apa saja yang harus dipersiapkan dan yang akan dihadapi saat menjalani semester pertama nanti. Selain itu, pada hari pertama juga terdapat sesi games untuk membuat sebuah menara dari lidi. Disini para peserta akan diminta untuk membuat sebuah menara menggunakan lidi dan perekat yang telah disediakan oleh pihak panitia. Kelompok dengan menara tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang. Di hari pertama TKH 2023, juga terdapat sesi penyampaian materi mengenai STUPA 0 sekaligus pemberian tugas STUPA 0. Tugas STUPA 0 yang diberikan berupa pembuatan maket konsep dan penggambaran poster yang berisi denah, tampak, isometri, dan perspektif. Konsep yang diangkat pada tugas STUPA 0 TKH 2023 ini adalah pembuatan paviliun yang berlokasi di area kampus Binus Syahdan.

Pada hari kedua TKH 2023 pada Sabtu, 9 September 2023, peserta melanjutkan pengerjaan tugas STUPA 0 sebelum memulai acara. Karya-karya tersebut kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh para juri untuk menentukan kelompok yang akan tampil untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan para peserta dan juga juri. Selain penjurian, terdapat beberapa rangkaian acara lainnya pada TKH 2023 seperti : penyampaian materi mengenai Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARS) oleh ketua HIMARS 2023 yakni Mayla Marisca Putri, games “Finding HIMARS” yang bertujuan untuk lebih mengenal kakak-kakak tingkat yang nantinya juga akan berperan untuk membimbing mereka, dan juga terdapat ceremony penutupan pada akhir acara sebagai lambang awal permulaan di arsitektur bagi para mahasiswa dan mahasiswi B27. Tujuan dari TKH 2023 ini adalah untuk meningkatkan kesiapan para mahasiswa/i baru untuk menjalani perkuliahan nantinya, memperkenalkan mahasiswa/i baru kepada Himpunan Mahasiswa Arsitektur, serta untuk meningkatkan keakraban antar para mahasiswa/i baru dengan teman sejurusannya sekaligus dengan para kakak tingkat di jurusan arsitektur.