Tren Rumah Tumbuh di Indonesia

Oleh 2502010710 – Arya Adidharma Firmansyah Sulistiyo

Gambar 1. Inset House Karya Delution Architect 2016 (Arsitag.com)

“Rumah tumbuh” merupakan istilah yang masih asing bagi beberapa masyarakat Indonesia. Nyatanya, banyak orang yang belum mengetahuinya dan menerapkan konsep ini saat membangun rumah. Apa arti sebenarnya dari rumah tumbuh?

Rumah yang  tumbuh adalah tempat tinggal berjenjang. Ada beberapa faktor yang menentukan keberlanjutan saat membangun rumah tumbuh. Langkah untuk memulainya adalah dengan mendata anggota keluarga anda dan kebutuhan ruangan yang diinginkan.

Rumah tumbuh merupakan solusi bagi mereka yang ingin membangun rumah namun memiliki kendala dalam membangun keseluruhan secara langsung. Konsep ini memungkinkan Anda untuk memulai dengan ruang prioritas tinggi dan membangunnya secara bertahap. Kemudian, seiring  waktu, Anda dapat menambahkan massa ke ruang secara vertikal (tingkat) atau horizontal jika Anda memiliki banyak lahan.

Sangat menarik untuk menerapkan konsep rumah tumbuh. Tapi apa  yang perlu  Anda perhatikan saat menggunakan konsep ini? Berikut adalah beberapa tips dari desain seumur hidup!

Membuat Rencana Secara Keseluruhan

Gambar 2. Lifetime Design Arsitektur (Instagram: @ld.arsitektur)

Rumah akan dibangun secara bertahap, tetapi ada baiknya untuk memiliki rencana keseluruhan terlebih dahulu. Salah satu rencana yang paling penting adalah tentang konstruksi struktur. Jika Anda berencana membangun rumah secara vertikal, disarankan untuk membangun pondasi yang tepat. Dengan begitu,  Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi nantinya untuk mendesain ulang pondasi dari awal.

Menentukan Ruangan Prioritas

Gambar 3. Lifetime Design Arsitektur (Instagram: @ld.arsitektur)

Saat Anda mulai menggunakan konsep rumah tumbuh, Anda perlu mengetahui ruangan mana yang akan dibangun terlebih dahulu. Pemilihan kamar didasarkan pada urgensi dan kebutuhan masing-masing keluarga. Ada beberapa kamar yang kami rekomendasikan untuk dibangun terlebih dahulu. Dimulai dengan ruang keluarga, dapur, kamar tidur dan  kamar mandi. Nah, untuk mengelabui hal-hal yang belum ada, Anda bisa membuat  ruangan lebih serbaguna.

Memperhatikan Tampilan Luar Rumah

Gambar 4. Eksterior Rumah Toko karya Mojo – Sketsarumah.com (Arsitag.com)

Penampilan rumah, baik di dalam maupun di luar rumah, tidak boleh dianggap remeh, meski nantinya akan dibangun kembali. Anda bisa menyewa jasa arsitek berpengalaman yang  menghadirkan konsep rumah tumbuh untuk mempercantik tampilan pada tahap pertama dan perencanaan selanjutnya. Tips menyewa jasa jaga dan lansekap untuk rumah Anda, itu akan membuatnya lebih menarik.

Mengatur budget dengan detail dan terperinci

Gambar 5. Rumah at Sakura Regency Bekasi bergaya modern karya Faiz 2013 (Arsitag.com)

Tujuan utama dari konsep rumah berkembang adalah untuk memaksimalkan anggaran Anda. Oleh karena itu, ketika menetapkan anggaran atau budget, Anda harus benar-benar melakukannya dengan detail. Jangan sampai terjadi, akan ada pengeluaran tak terduga yang nantinya akan melebihi anggaran Anda. Ada beberapa budget yang perlu Anda pikirkan: jasa arsitek, pembelian material, jasa tukang atau kontraktor, jasa desain interior, pembelian furniture, dan jangan lupa untuk menyisihkan biaya tak terduga.

Memikirkan Rencana Kedapan

Gambar 6. Lifetime Design Arsitektur (Instagram: @ld.arsitektur)

Saat membangun rumah yang sedang tumbuh, Anda  memikirkan masa depan serta perkembangan saat ini. Pertimbangkan detail kecil yang akan memudahkan Anda membangun berikutnya tanpa  mengganggu ruang yang  ada. Pada tahap ini, kita membutuhkan bantuan seorang desainer interior atau arsitek untuk membuat perhitungan lebih terarah.

Konsep rumah berkembang menjadi salah satu solusi terbaik bagi mereka yang mampu. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu memikirkan detail anggaran dan prioritas untuk ruang mana yang dirancang dan dibangun.

 

 

Referensi

Intiland. (2021). Rumah Tumbuh dan Keunggulannya. Retrieved from Intiland: https://www.intiland.com/id/blog/rumah-tumbuh-dan-keunggulannya/

Kompasiana. (2022). Rumah Tumbuh, Tren Baru Pembangunan Rumah Bertahap di Indonesia Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Rumah Tumbuh, Tren Baru Pembangunan Rumah Bertahap di Indonesia”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/lifetimedesigngroup/62. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/lifetimedesigngroup/62cd53049153ce410b002733/rumah-tumbuh-tren-baru-pembangunan-rumah-bertahap-di-indonesia?page=all#section1

Meilanita, J. (2021). Bagaimana Cara Membangun Rumah Tumbuh 2021. Retrieved from Arsitag: https://www.arsitag.com/article/desain-konsep-rumah-tumbuh