TEMU KEAKRABAN HIMPUNAN

Setelah setahun lamanya, acara yang telah lama dinanti – nantikan ini muncul lagi. Yap! Temu Keakraban Himpunan, atau yang sering disebut sebagai TKH merupakan acara tahunan untuk UKM dan HMJ yang berada di Binus University. TKH HIMARS 2016 bertujuan untuk memberi sambutan, atau “Selamat Datang” dalam dunia arsitektur dan dunia HIMARS kepada adik – adik Binusian 2020 (Arsitektur 2016). TKH juga merupakan ajang untuk memperkenalkan diri sebagai senior, maupun junior, serta mengakrabkan antar angkatan.

Kali ini, TKH diadakan selama dua hari satu malam di Bumi Perkemahan Ragunan. Penasaran ada apa saja TKH HIMARS 2016? Berikut ini reviewnya!

  • Stupa 0

Stupa merupakan sebutan untuk sebuah mata kuliah wajib dalam jurusan arsitektur, yaitu Studio Perancangan Arsitektur. Seringkali, mata kuliah ini adalah mata kuliah yang “mematikan” karena banyak mahasiswa arsitektur dibuat tidak tidur berhari – hari karena padatnya matakuliah ini.  Stupa selalu ada setiap semester dengan tingkat kesulitan berbeda. Di semester pertama, mahasiswa akan menghadapi Stupa 1, di semester kedua akan ada Stupa 2, dan seterusnya

Tujuan diadakannya Stupa 0 adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa baru untuk menghadapi stupa, dengan cara mengajarkan dasar – dasar analisa untuk pembuatan sebuah bangunan. Misalnya, sebelum melakukan perancangan bangunan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan seorang arsitek, antara lain:

– Pemilik bangunan; berapa usianya, memiliki anak atau tidak, apakah kebiasannya

– Dimana bangunan itu dibangun; berupa analisa matahari, arah angin, sumber kebisingan

– Analisa Kebutuhan; berupa list kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengguna dan harus disediakan arsitek.

– dan masih banyak lagi.

DSCF0683

DSCF0711

  • Games Kecil

Games kecil diadakan sebagai ice breaker atau ajang refreshing setelah lelah mengerjakan Stupa 0. Games – games yang diadakan bertujuan untuk mengakrabkan rekan satu team.

DSCF0849

DSCF0837

  • Pensi

Pensi berisi pentas seni dari para mahasiswa baru, angkatan 2014, dan angkatan 2013. Pensi ini berupa fashion show, drama, dance, yel – yel, dan sebagainya. Pensi ini memang ditujukan sebagai acara hiburan atau lawak.

DSC_0960

  • Sharing Alumni (Akhyar & Yanuar)

Sharing alumni merupakan acara sharing yang diadakan oleh Akhyar Maulidan (Head of Documentation Himars 2013) dan Yanuar Satrio (President of Himars 2012) mengenai tips – tips untuk membagi waktu kuliah, berorganisasi, dan bersosialisasi.

DSC_0995

  • Api unggun

Api umggun merupakan puncak acara dari TKH 2016. Baik junior maupun senior berdiri melingkari ai unggun dan bermain games yang mengharuskan peserta menyebutkan nama serta angkatan dari peserta lainnya. Dalam acara api unggun ini juga, para mahasiswa baru dipakaikan almamater sebagai simbolisasi “peresmian” dirinya sebagai bagian dari arsitektur Binus dan HIMARS Binus.

DSC_1018

DSCF0987

  • Pos Renungan

Dalam acara ini, mahasiswa baru dikumpulkan dan para senior memberikan arahan untuk merenungi atau meyebutkan apa saja yang telah mereka dapatkan selama menjalani TKH 2016. Diharapkan, para mahasiswa baru mendapatkan pengalaman mengenai Kerjasama, dan Solidaritas antar-angkatan maupun teman satu kelompok. Acara ini disambung dengan Games besar.

DSC_1069

  • Games

Games ini merupakan games yang setiap tahun diadakan dalam acara TKH, yaitu permainan benteng antara mahasiswa baru melawan para senior. Permainan ini dimenangkan oleh team senior.

  • Pleno

Biasanya dipenghujung Stupa, mahasiswa arstitektur akan menghadapi pleno, yang berarti penilaian atas desain yang telah dibuat selama kuliah stupa. Dalam TKH, yang menjadi juri pleno bukanlah dosen, namun senior, yaitu Marten Triyono (President of Himars 2016

  • Sharing Senior(Chris)

Christian Purwito, Ketua Himars periode 2015 memberikan sharing tentang kebiasaan – kebiasaan yang sering dilakukan oleh mahasiswa arsitektur kebanyakan yang kurang memperhatikan menejemen waktu. Sharing yang dilakukan ini bertujuan untuk memberikan bayangan suasana perkuliahan kepada mahasiswa baru Arsitektur BINUS university. Sharing ini berisi kiat kiat agar mahasiswa arsitektur dpaat menjalani kegiatan perkuliahan yang baik , demi mencapai cita-cita sebagat Arsitek. Christian yang sudah berkuliah selama 7 semester memberikan pengalaman ia sebagai mahasiswa arsitektur yang sering ia alami saat bersama teman-temannya, saat mengerjakan tugas dan saat dikampus. Hal-hal kecil yang membuat kita tidak sadar bahwa itu hanya dimiliki oleh mahasiswa arsitektur.DSCF1185

DSCF0921

DSCF1042

DSCF1113

Sumber:

Yoki Anugerah, Project Manager of TKH 2016

Fransiska Budiarto, Secretary of TKH 2016

Penulis:

Rr Annisa Raras, Department of Relation Himars 2016

Yoki Anugerah, Project Manager of TKH 2016