HIMARS EDU 2016

Himars Edu tahun ini mengambil tema  “Vernacular Behaviour in Urban” dengan alasan ingin mengulik permasalahan arsitektur yang ada pada era modern ini, terutama yang terjadi di Jakarta. Permasalahannya adalah sudah banyak bangunan-bangunan yang tidak dirancang berdasarkan kondisi iklim tropis Indonesia yang panas, lembap, dan paling banyak tekena sinar matahari. Banyak orang yang lebih mengutamakan uang tanpa memperdulikan lingkungan.

Dalam Himars Edu ini, kami ingin memberi pengetahuan dan solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut dan mengundang para ahli untuk mengisi acara seminar dan workshop. Lalu kami memamerkan instalasi paviliun bambu dengan desain parametric untuk mempercantik kampus Syahdan selama 3 hari dan booth sposor yang menjual buku-buku arsitektur.

Apa saja sih yang kami lakukan selama tiga hari ini? yuk kita simak reviewnya!

SEMINAR “NEW METHODS FOR VERNACULAR ARCHITECTURE’

  • Pembicara : Novriansyah Yakub

deleteeee

delete banget

Seminar ini bertemakan “New Method for Vernacular Architecture” , dibawakan oleh Bapak Novriansyah Yakub.  Ia membahas mengenai konsep vernakular yang diterapkan pada bangunannya. Menurutnya, arsitektur vernacular merupakan arsitektur yang dibangun oleh sumber daya manusia yang ada, bukan dibangun oleh seorang engineer.

SEMINAR “KELOKAN KEARIFAN LOKAL”

  • Pembicara : Baskoro Tedjo

DELTE

Bapak Baskoro membahas mengenai perkembangan trend dan lifestyle serta pengaruhnya terhadap filosofi desain. Berawal dari perilaku, lama-kelamaan berubah menjadi suatu kebiasaan, dan kemudian menjadi lifestyle, dan akhirnya menjadi suatu budaya.

Seiring waktu, terjadi perubahan-perubahan lifestyle, yang membuat arsitektur vernakular harus diuji dahulu sistemnya, agar sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Bukan berarti vernakular harus dihilangkan seiring perkembangan zaman, tetapi arsitektur vernakular menjadi metode baru yang mendukung perkembangan zaman

WORKSHOP “PARAMETRIC DESIGN”

  • Pembicara : Dr. Eng. Firza Utama S , S.T. , Eng

DELETEEEE

Workshop ini bertemakan “Parametric Design , membahas mengenai pengaplikasian materi bambu pada paviliun yang berada di Plaza Syahdan. Workshop ini, menggunakan software arsitektur, yaitu Rhinoceros dan Grasshopper. Bentuk dasar pavilion, dibuat pertama-tama menggunakan software yang bernama Rhinoceros.

SKETSA ARSITEKTUR

Pengumuman Sayembara : Rabu, 20 April 2016

Pendaftaran Sayembara : Rabu, 20 April – Sabtu, 14 Mei 2016

Pemasukan Karya : Rabu, 18 Mei 2016

Penjurian : Ibu Dr.Nina Nurdiani, S.T.,M.T.

Pengumuman : Rabu, 18 Mei 2016

Peserta : 4 Peserta

Merupakan perlombaan yang diperuntukkan untuk anak SMA dan sederajat, yaitu lomba membuat sketsa arsitektur. Berikut ini hasil sketsa dari tiga orang pemenang:

DELETE AA