Cara Begadang yang Efektif

  1. Jangan stress dan tetap berpikir positif. Mandi terlebih dahulu untuk menyegarkan badan. Belajar pada malam hari agar tidak menyia-nyiakan waktu. Menonton film horor bisa membuat kita terjaga, tapi jangan sampai keasyikan dan jadi lupa semuanya. Setidaknya cukup sebagai selingan selama waktu istirahat 5-20 menit setiap jamnya.

9

  1. Hindari minum teh hitam. Sepintas minuman ini memang bisa jadi solusi, tapi keesokan harinya (bisa jadi saat ujian atau rapat penting) Anda bisa menjadi pusing karena ditambah efek begadang malam sebelumnya.
    • Minum dua gelas air dingin setiap 30 menit sekali akan lebih baik. Kita akan tetap terjaga karena akan sering buang air kecil.
    • Teh herbal yang tidak mengandung kafein juga merupakan pilihan tepat saat begadang.
  2. Matikan segala perangkat elektronik, seperti ponsel dan televisi untuk mengurangi gangguan. Jangan tergoda untuk browsing berlebihan, main game, atau melakukan hal lain yang tidak penting.
  1. Makan makanan yang kaya protein seperti roti lapis, keju, dan produk susu lainnya. Makanan manis bisa membuat kita terjaga sementara, tapi begitu kadar gulanya menurun kita akan merasa lemas seketika. Bagaimanapun juga, buah – buahan dan makanan sehat tetap lebih baik dibandingkan dengan makanan manis yang penuh gula, karena semuanya mudah bikin Anda mengantuk.
    1. Hindari makan makanan berat pada malam harinya. Perut yang terlalu kenyang hanya akan membuat tambah mengantuk. Makan dengan porsi ringan dan menu sehat, seperti tumis-tumisan.
    2. Jangan makan granola, susu, lemon, kalkun, pisang, buah ara, atau roti bakar. Makanan-makan tersebut mempercepat rasa kantuk datang.
    3. Kalau pilihanmu adalah minuman berenergi atau kopi, minum sedikit-sedikit setiap 30 menit sekali. Dengan begini Anda tetap akan terjaga tapi tidak berlebihan. Saat mengantuk, pejamkan mata sebentar dan taruh es batu di kedua mata. Anda akan merasa segar kembali.

10

  1. Usahakan jangan sampai menguap. Kita menguap karena otak kekurangan oksigen. Jadi sebisa mungkin atur pernapasan agar oksigen tetap mengalir dengan baik. Jangan-jangan saat ini Anda sedang menguap mengingat kegiatan itu menular!
    1. Coba tertawa sesekali. Tertawa bagus untuk otot wajah dan bisa melepaskan zat endorfin pada tubuh dan memberikan perasaan bahagia. Tonton video-video lucu di internet di saat merasa perlu.
    2. 11
  2. Pastikan alasan Anda begadang itu penting dan mendesak. Usahakan jangan begadang karena terpaksa belajar; saat tidur adalah waktu seluruh memori akan hal-hal yang kita pelajari atau lakukan di hari sebelumnya terserap dan diproses sempurna. Saat memaksa tubuh kita untuk begadang, fungsi otak dan tubuh akan menurun. Ketika memang terpaksa, harus diganti istirahat yang cukup setelahnya.
  1. Saat Anda memutuskan begadang adalah satu-satunya cara (atau si boss mendesak agar pekerjaan diselesaikan malam itu juga sebelum rapat), mulai lakukan persiapan.
  1. Coba tidur siang supaya ada energi untuk begadang semalaman. Jika bisa, tidur siang 2 – 3 jam.
  • Di malam saat akan begadang, pasang timer jika ingin tidur sebentar. Jangan tidur lebih dari 20 menit, dan coba untuk tetap terjaga. Kalau sudah tidur siang, mestinya kita tidak akan mengantuk saat malam hari.

12

  1. Cari tontonan selingan supaya tidak mengantuk. Entah itu film horor, video kompetisi menari, atau apapun yang Anda suka. Tapi hati-hati jangan sampai justru jadi keasyikan nonton dan lupa tugas.
  • Kedengarannya mungkin konyol, tapi menonton film horor bisa jadi solusi tepat. Anda akan tetap terjaga karena terlalu takut untuk tidur. Tapi pastikan Anda menonton adegan yang seru, karena Anda justru akan mengantuk kalau menonton adegan yang membosankan
  • 13

 

  1. Kerjakan tugas. Agar teratur, tetapkan waktu 40 – 55 menit untuk bekerja dan istirahat 5 – 20 menit. Ulangi terus sampai selesai. Kerjakan bagian yang mudah terlebih dulu lalu lanjut ke bagian sulit.
  1. Pasang musik keras seperti metal atau lainnya. Mungkin bukan jenis musik biasa yang Anda dengarkan, tapi perlu untuk menjaga agar tidak mengantuk.

14

 

  1. Agar lebih membantu, buka jendela dan biarkan udara segar masuk. Cuaca kamar yang sejuk membantu kita untuk tetap terjaga. Jika masih belum cukup, cuci muka agar lebih segar.
  • Namun ada pula yang justru mengantuk di tengah cuaca sejuk. Untuk itu, kondisikan kamar atau tempat bekerjamu agar sesuai dengan diri masing-masing.
  1. Atur layar komputer selevel lebih rendah agar mata tidak cepat perih. Mata yang lelah berdampak pada kondisi badan seluruhnya. Istirahat teratur dan alihkan pandangan ke arah lain selema beberapa detik.
  1. Jangan bekerja sambil tiduran di tmpat tidur, sofa, atau berbaring di lantai. Akan mudah tergoda untuk tidur jika tidak bekerja sambil duduk tegak di kursi. Jika bisa, jauh-jauh dari tempat tidur.
  • Pastikan badan tetap tegak, tidak membungkuk. Saat lelah, biasanya kita otomatis membungkuk tanpa sadar. Duduk tegak bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat kondisi tubuh lebih baikPindah posisi dan tempat duduk secara berkala.
  • Tekan dan usap-usap telinga. Di situ terdapat titik acupressure yang bisa mengirimkan sinyal elektrik ke otak saat diberi rangsangan. Anda akan merasakan manfaatnya segera.
  1. Pikiran positif seperti “Sedikit lagi selesai,” “Ini pekerjaan mudah”, ” atau “Saya bisa mengerjakannya”, akan membantu.
  • Cari cara agar tidak bosan mempelajari hal yang sama berulang-ulang. Misalnya buat rangkuman yang menarik.
  • berada di situasi menyeramkan terkadang bisa membantu kita untuk konsentrasi.

15

                                         http://id.wikihow.com/Begadang-yang-Efektif