EDUCATION WORKSHOP: CREATIVE DESIGN AND PUBLIC SPEAKING PREPARATION HIMA 2024

Pada Sabtu, 23 Maret 2024, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) BINUS University telah menyelenggarakan Education Workshop “Creative Design and Public Speaking Preparation” di kampus BINUS Senayan.

Workshop ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengembangkan keterampilan kreatif dalam desain dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep desain inovatif dan penerapan teknik public speaking yang efektif, menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan yang berharga bagi para peserta.

Pembukaan acara diawali oleh Puja dan Zalfa selaku MC, dilanjutkan dengan kata sambutan yang dibawakan oleh Sheryl Theophila selaku ketua pelaksana Education Workshop HIMA 2024 memberikan kata sambutan, lalu diikuti oleh Shannon Theodora Suryanto selaku ketua umum HIMA 2024, diikuti Aulia Rahmah Nafisah selaku ketua umum HIMDKV 2024, serta Tiara Annisa Aurelia Soeprapto selaku ketua umum HIMMCOMM 2024.

 

Kata sambutan ketua pelaksana Workshop: Sheryl Theophila

 

Kata sambutan ketua umum HIMDKV: Aulia Rahmah Nafisah

 

Kata sambutan ketua umum HIMMCOMM: Tiara Annisa Aurelia Soeprapto

Pada sesi pertama workshop, topik pembahasan seputar Creative Design dipandu oleh Aulia Rahmah Nafisah. Para peserta diajak untuk mendalami beragam konsep penting dalam desain kreatif. Salah satu pembahasan dasar menarik yang disorot adalah strategi menentukan kombinasi warna yang sesuai untuk sebuah desain sehingga dapat menciptakan desain yang menarik dan berkesan. Harapannya, dengan memahami konsep tersebut para peserta dapat mengaplikasikannya dalam proyek-proyek desain mereka di masa mendatang.

Penyampaian materi oleh Aulia Rahmah Nafisah

Setelah pemberian materi oleh pembicara, sesi selanjutnya adalah tanya jawab atau QnA. Dalam sesi ini, sejumlah peserta aktif mengajukan pertanyaan kepada pembicara, dan pertanyan-pertanyaan tersebut dijawab dengan informatif oleh pembicara, serta dapat dipahami dengan baik. Kemudian peserta diberi tantangan untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui pembuatan poster. Dengan panduan yang telah ditetapkan, peserta diberi waktu 40 menit untuk menciptakan poster sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Karya-karya yang dihasilkan mencerminkan beragam perspektif dan gaya kreatif dari setiap peserta. Setelah waktu pengerjaan selesai, dua poster terbaik dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Para pemenang diumumkan dan diberikan hadiah berupa e-wallet sebagai penghargaan atas usaha dan kreativitas mereka.

Pengerjaan poster
Pemberian plakat oleh Shannon Theodora Suryanto
Sesi dokumentasi bersama

 

Pada sesi kedua workshop, topik pembahasan seputar Public Speaking dipandu oleh Thalita Febrianadiza dan Elvira Deviani selaku kabinet HIMMCOMM 2024. Mereka diberikan kesempatan untuk berlatih langsung menjadi Master of Ceremony (MC) dalam suatu acara. Menjadikan hal ini sebagai momen bagi peserta untuk menjalin hubungan sosial dan berbagi pengalaman satu sama lain. Atmosfer yang terbuka dan mendukung memungkinkan para peserta untuk belajar secara aktif dan saling mendukung dalam mengembangkan keterampilan public speaking mereka, serta mendapatkan umpan balik konstruktif dari sesama peserta dan fasilitator.

Dalam hal ini, para peserta berkesempatan untuk mempertunjukkan diri sebagai Master of Ceremony (MC) dalam suatu acara secara berpasangan sehingga memberikan pengalaman praktis bagi para peserta dalam menghadapi situasi dunia nyata dalam acara atau komunikasi secara publik dan meningkatkan keterampilan public speaking mereka secara kolaboratif.

Pelatihan public speaking

 

Selain itu, para peserta turut diminta untuk membuat script yang memungkinkan peserta untuk melatih kemampuan dalam merencanakan dan menulis secara efektif dalam berbagai situasi, salah satunya adalah acara non-formal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam menyusun pesan yang jelas, serta mengadaptasikannya dengan baik sesuai dengan kebutuhan situasi.

Sesi script writing
Pemberian plakat oleh Sheryl Theopila

Dengan demikian, kami berharap workshop ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk terus mengembangkan diri mereka dalam bidang Creative Design dan Public Speaking, dengan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam menghadapi tantangan dan kesempatan di masa depan.

Sesi Dokumentasi