Friday Fact: What is Corporate Social Responsibility?
[Pengertian Corporate Social Responsibility]
Corporate Social Responsibility adalah tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh setiap perusahaan kepada para stakeholders. Konsep CSR juga mewajibkan perusahaan untuk memiliki suatu tanggung jawab dalam menjaga lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.
[Tujuan Corporate Social Responsibility]
- Menjaga hubungan baik perusahaan dengan stakeholder.
- Menciptakan hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat.
- Membantu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekitar.
- Mendorong pengembangan perusahaan yang berkelanjutan.
- Membantu dalam peningkatan kualitas masyarakat.
- Berkontribusi dalam melestarikan lingkungan sekitar.
[Jenis–Jenis Corporate Social Responsibility]
- Cause Promotion
Jenis CSR dimana perusahaan berusaha untuk menumbuhkan awareness di masyarakat pada suatu permasalahan sosial dan lingkungan. - Corporate Philanthropy
CSR dalam bentuk pemberian langsung oleh perusahaan, seperti pemberian sumbangan tunai maupun sumbangan bentuk lainnya. - Corporate Societal Marketing
Umumnya dilakukan perusahaan dalam bentuk kampanye dengan tujuan untuk membantu dalam mendorong terjadinya perubahan yang lebih baik di masyarakat. - Community Volunteering
CSR yang dilakukan perusahaan dengan mengirim pihak internal perusahaan untuk ikut serta secara sukarela dalam kegiatan sosial. - Cause Related Marketing
Berhubungan langsung pada penjualan perusahaan. Perusahaan memberikan sebagian keuntungan penjualan untuk mendukung kegiatan sosial.
[Manfaat Corporate Social Responsibility bagi Perusahaan dan Masyarakat]
Bagi Perusahaan:
- Meningkatkan citra baik perusahaan.
- Meningkatkan nilai perusahaan.
- Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
Bagi Masyarakat:
- Meningkatkan kualitas SDM.
- Menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
- Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
[Contoh perusahaan yang menerapkan Corporate Social Responsibility]
Contoh Perusahaan yang menerapkan program CSR adalah PT Unilever Indonesia
Perusahaan Unilever memiliki beberapa program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan untuk kehidupan masyarakat, seperti membangun Yayasan Unilever Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kehidupan masyarakat.
Berikut adalah program dari Yayasan Unilever Indonesia:
Program Pengembangan Petani Kedelai Hitam
Unilever telah menciptakan program pengembangan kedelai hitam yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan memberikan kualitas dan kuantitas ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya.
Referensi:
Qothrunnada, Kholida. (2022). Apa Itu CSR? Ini Fungsi, Jenis, Tujuan, Contoh, dan Manfaatnya. Diambil dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6016983/apa-itu-csr-ini-fungsi-jenis-tujuan-contoh-dan-manfaatnya
Redaksi CSR Indonesia. (2021). Analisa CSR Perusahaan Unilever Nestle Indonesia. Diambil dari https://csr-indonesia.com/analisa-csr-perusahaan-unilever-nestle-indonesia/