Inovasi Learning by Podcast

LATAR BELAKANG

            Pengembangan dan penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan membawa dampak positif terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran akan meningkatkan kreativitas bagi pendidik dan peserta didik, namun terkadang berbagai bentuk media pembelajaran menjadi tantangan tersendiri untuk para peserta didik. Podcast merupakan salah satu contoh media pembelajaran saat ini. Media ini memang sederhana dan memiliki keunikan tersendiri, namun dapat membuatnya populer dikalangan masyarakat, bahkan tak sedikit orang yang berbondong-bondong untuk membuatnya dengan berbagai topik.

Menurut Chou and Fang (2016), podcast merupakan media audio seperti radio yang dapat meningkatkan daya  kreatif dan imajinatif  para pendengarnya. Terkadang masyarakat suka mengartikan podcast dan radio merupakan hal yang sama, padahal kedua media tersebut tentu berbeda. Zoel Fahmy (2019), salah satu perbedaannya dapat terlihat dari kontennya. Konten radio tidak akan ada pengulangan. Jika kamu ketinggalan maka kamu akan benar ketinggalan. Berbeda dengan podcast, kamu bisa mendengarkan nanti bahkan kamu bisa pause dahulu.

Pemanfaatan podcast dalam berbagai bidang semakin meluas, termasuk salah satunya di bidang Pendidikan/ edukasi. Podcast mampu menjadi sumber pengajaran inovatif bagi pengajar dan membantu proses pembelajaran siswa baik di dalam maupun luar kelas. Penggabungan teknologi dalam Pendidikan bukanlah hal yang baru di zaman milenial ini. Kebangkitan konten berbasis audio tidak lepas dari perubahan gaya hidup khayalak yang semakin dinamis dan menuntut fleksibilitas. Podcast juga memiliki  kelebihan dalam  efsiensi  waktu  juga  perihal  multitasking seperti seseorang dapat mendengar pembelajaran saat dia dalam perjalanan, saat menulis, saat gym, saat bekerja dll

            Podcast juga tidak hanya berisi konten pembelajaran formal yang sudah dilakukan oleh beberapa university, tetapi podcast memiliki topik dan informasi yang beragam. Hal tersebut pun sangat memudahkan masyarakat untuk belajar banyak hal secara flexible. Jika dulu masyarakat harus pergi ke seminar untuk mendapatkan sebuah pembelajaran dari seorang tokoh yang inspiratif, sekarang kita dapat mendapatkan kita dari podcast sehingga tidak memerlukan effort yang banyak. Tetapi sangat disayangkan di Negara berkembang ini podcast masih dianggap sebagai model baru, dimana inovasi ini baru muncul.

            Seperti yang sudah dipaparkan diatas bahwa podcast akan mempermudah pembelajaran serta pemaparan informasi bagi masyarakat. Maka dari itu, dunia akuntansi pun juga dapat menjadi menyebarluas dengan adanya podcast. Secara tidak langsung, masyarakat akan mendapatkan ilmu dari sharing yang dilakukan pada saat podcast dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Akuntansi merupakan salah satu hal yang penting bagi masyarakat dan negara. Dengan adanya akuntansi, kegiatan perekonomian dalam suatu negara baik dalam skala kecil maupun besar dapat terusun dan terencana. Sebagai bentuk kontribusi, HIMA BINUS juga telah melaksanakan program kerja yang bernama HIMBICAST yang merupakan podcast yang dilakukan oleh HIMA BINUS itu sendiri. Didalam podcast tersebut tidak membahas seputar akuntansi saja melainkan banyak topik yang berguna untuk kedepannya.

 

TUJUAN

  1. manjadikan podcast sumber pengajaran inovatif
  2. memperbesat flexibility dalam belajar
  3. meningkatkan aksesibilitas belajar
  4. memperkaya pengalaman belajar
  5. memanfaatkan keuntungan yang menarik dari teknologi

MANFAAT

  1. memberi masyarakat akses pada kebutuhan informasi
  2. menyebarkan informasi dengan cara baru yang menarik
  3. mudah didengarkan dimana dan kapan saja
  4. memungkinkan untuk multitasking
  5. menjadi pendengar yang lebih baik
  6. belajar pengetahuan baru
  7. podcast memiliki topik dan informasi yang beragam
  8. mengembangkan pola pikir
  9. mendapat ilmu dengan santai karena dilakukan dengan sistem sharing

GAGASAN

  1. Philips (2017) menurutnya podcast adalah file audio digitas yang diciptakan dan kemudian diupload ke berapa platform online guna didengar oleh berberapa orang. Podcast sendiri mengarah kepada distribusi file berbentuk audio pada format digital.audio ini nantinya dapat diakses langsung melaluo gawai, desktop atau bisa juga melalui media portable seperti MP3 dan lain sebagainya.
  2. Podcast memiliki keuntungan dan juga manfaat yang menarik, dibanding berbagai perangkat perangkat lain. Mendengarkan podcast cukup mudah, podcast dapat didengar Ketika melakukan berbagai aktivitas lain yang memungkinkan para pendengarnya untuk melakukan beberapa aktifitas multitasking, contohnya dalam bekerja, berjalan, menulis dan lain sebagainya.
  3. Di Indonesia, banyak masyarakat yang telah mengenal podcast. Podcast mulai popular pada tahun 2015 dipelopori oleh Adriano Qalbi. Daily Social telah melakukan sebuah survei kepada 2.02 responden yang menggunakan Smartphone, survei tersebut menunjukan bahwa banyaknya pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh para responden dengan usia 20-25 tahun dengan angka 42,12%. Podcast juga tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun kebelakang, hal ini dipengaruhi oleh 5 faktor yaitu pertumbuhan broadband, aktivitas onternet yang terus meluas, perbedaan konten streaming dan download, adanya perangkat multimedia, pengadopsian mp3 portable dengan cepat.
  4. Istilah New Media digunakan pada tahun 1960-an perkembangan ini ditandai dengan hadirnya podcast, podcast menjadi suatu media baru khusunya berupa konten audio. Podcast dikatakan sebagai New Media dikarenakan sifatnya yang on-demand dimana audiens dapat menentukan topik serta waktu yang diinginkan, sebab itulah podcast juga dianggap sebagai media yang sangat fleksibel.
  5. Pembelajaran secara Online dapat dilakukan melalui media penyampaian audio Podcast yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pada mahasiswa tentang berbagai materi yang diberikan oleh dosen. Dengan menggunakan podcast para mahasiswa dan juga guru dapat membuat materi pembelajarannya sendiri dan meminta agar para pendengarnya untuk menyimak materi yang disampaikan tersebut.Dalam pembelajaran podcast memiliki banyak manfaat, seperti yang dijelaskan oleh Chan & Lee (2005), podcast memiliki berbagai manfaat utama untuk dunia pendidikan yaitu dapat menggabungkan berbagai manfaat dari siaran radio dengan fleksibilitas, serta personalisasi dan kontrol siswa yang diberikan oleh audio yang direkam. Selain itu manfaat dari podcast juga dapat meningkatkan kompetensi para siswa, dapat mendorong para siswa untuk belajar secara mandiri, dapat meningkatkan kemampuan siswa guna memanfaatkan podcast dengan cara yang teratur, mengurangi kecemasan para siswa karena dapat mendengarkan konten kapan saja.
  6. Penggunaan internet sebagai sarana sumber informasi serta pengetahuan, seperti podcast telah berevolusi sebagau media pembelajaran, misalnya audio digital, penggunaan podcast menghasilkan akses belajar secara lebih mudah, baik untuk pembelajaran yang dilakukan dalam kelas maupun pembelajaran yang dilakukan diluar kelas.
  7. Podcast juga memiliki manfaat dalam perguruan tinggi, (1) memberikan peserta didik akses pada kebutuhan informasi, (2) menyebarkan informasi dengan berbagai cara yang lebih fleksibel dan menarik.
  8. Podcast juga dapat didengarkan secara berulang ulang dimanapun pendengar berada baik dijalan, rumah, ataupun ditempat yang diinginkan oleh mahasiswa guna melatih daya ingat dan hapal hingga meteri dapat dipahami dengan sangat baik lewat media audio.
  9. Podcasting memiliki perbedaan dengan audio yang bersifat tradisional, ada dua hal pembeda yaitu. Pada masa lalu penyimak haruslah tersambung pada radio serta web yang memiliki jadwal, lalu pendengar diminta untuk mengunduh dan mencarinya pada berkas individu dari halaman web. Namun, podcast bersifat lebih mudah untuk diperoleh, pendengar dapat dengan mudah mendengarkan podcast kapanpun dikarenakan salinanya telah terdapat dalam komputer ataupun smartphone yang mereka miliki.

KESIMPULAN

Pengembangan dan penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan membawa dampak positif terhadap sistem pendidikan di Indonesia, khususnya media podcast. Podcast merupakan suara digital yang terdapat dalam aplikasi sehingga mudah disimpan dan diputar kapan saja. Kita dapat dengan mudah mengulang materi pembelajaran dan dapat diputar kapan saja serta dimana saja. Respon pendidik dan peserta didik memang cukup tinggi dalam menerima media pembelajaran yang baru. Namun, belum efektif dalam meningkatkan minat belajar walaupun hasil belajar mahasiswa meningkat.

 

Daftar Pustaka

Meliaty Peny.2020. Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Perguruan Tinggi. Volume 2 No 2, Program Studi Penyiaran Multimedia, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia.

Asmi Rol Adhitya.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Pada Materi Sejarah Lokal Di Sumatera Selatan. Departemen pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sriwijaya.

AbidinJainulDedi. Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast Materi Storytelling Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Krian 1 Siduarjo. Teknologi Pendidikan, FIP, Universitas Negeri Surabaya.