Penggalangan Dana HIMA untuk Covid-19

Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Namun, Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyebutkan virus corona jenis SARS-CoV-2 sebagai penyebab Covid-19 itu sudah masuk ke Indonesia sejak awal Januari.

Hanya saja, identifikasi kasus pertama pada awal Maret itu sudah merupakan transmisi lokal dan bukan penularan kasus impor. Masuknya virus tersebut sangat mungkin terjadi melalui pintu-pintu gerbang di beberapa wilayah Indonesia.

Sejak Januari saat virus corona jenis baru ini diumumkan dapat menular antar manusia, dan sudah menjajah di berbagai negara lain selain Wuhan di China.

Virus Covid-19 berdampak sangat besar untuk seluruh negara termasuk Indonesia. Dan pada awal virus covid mulai menyebar banyak orang yang menjadikan virus tersebut untuk ladang bisnis dengan cara menaikan harga masker, APD, hand sinitizer, serta beberapa alat medis lainnya.

HIMA melakukan penggalangan dana untuk yang disalurkan melalui akun Kitabisa Arief Muhammad. Dana yang sudah terkumpul digunakan untuk membeli sembako dan kebutuhan pokok lainnya, serta bekerja sama dengan rumah sakit untuk memberi bantuan alat-alat kesehatan.

Referensi

https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli–virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari