PILMAPRES 2023 BINUS University


PILMAPRES atau biasa disebut pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan sebuah kegiatan acara yang diselenggarakan oleh SCAC (Student Club and Activity Center) sebagai wadah yang diberikan oleh Binus University untuk mengembangkan kemampuan para mahasiswanya dengan berkompetisi. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, 17 Maret 2023.

Acara PILMAPRES dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Johan, S.Kom., MM. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development) dalam sambutan Beliau menyampaikan sambutan kepada rektor, panitia PILMAPRES, audiens dan selaku orang tua mahasiswa yang mengikuti kompetisi dan menyampaikan puji syukur karena acara ini dapat berjalan dengan secara tatap muka. Beliau juga menjelaskan tentang mengenai kegiatan rutin untuk menentukan MAPRES L2 dikti. Beliau mendefinisikan mengenai prestasi bahwa; “bukan cuman akademik tapi non-akademik, balance antara kedua hal tersebut sangat penting, apalagi di bidang penelitian atau karya ilmiah.

Peserta PILMAPRES dalam tingkat Universitas terdiri dari 7 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari semua fakultas yang ada di BINUS University, antara lain:
Edward Hartanto Enrico Abadi – School of Information Systems
Annisa Saptayulia Belvanugraha – Faculty of Engineering
Delviana Pramata – Faculty of Humanities
Jessica Christabel Gan – School of Design
Maevy Marvella – School of Computer Science
Olivia Valentina – Faculty of Digital Communication
Thalea Christy Nathaniela – Faculty BINUS Business School

Para kandidat melakukan presentasi tentang Academic Writing (CTI) yang disiapkan sejak saat penetapan calon mahasiswa utama berkualitas (MAPRES) dan didampingi oleh dosen-dosen yang mumpuni di bidangnya. Sesi presentasi KTI dipandu oleh dua panelis yang sudah terbukti memiliki track record dalam bidang ilmiah, yakni Prof. Dr. Juneman Abraham, S. Psi., M.Si (Lecturer of Psychology) dan Dr. Elidjen S. Kom. (Associate Professor of Management). Peserta diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan KTI dilanjut 5 menit sesi tanya jawab dengan panelis.
Berikutnya dilanjutkan dengan sesi Impromptu Speech, di mana kandidat akan diberikan topik tertentu dan dilanjutkan dengan kandidat mempersiapkan paparan dari topik tersebut, kemudian memaparkan topic tersebut selama 3 menit. Berikutnya kandidat akan menerima sanggahan atau pertanyaan dari kandidat lain dan panelis. Panelis dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES kali ini adalah Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. (Language Center Manager) dan Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA. (Lecturer of Language Center). Sesi ini bertujuan untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris para kandidat.

Setelah penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2023 kali ini adalah Edward Hartanto Enrico Abadi dari School of Information Systems. Dalam final ini juga ditetapkan pemenang kategori Mawapres Favorit yang ditentukan dengan voting Binusian, dan pemenang Mawapres Favorit adalah Thalea Christy Nathaniela dari fakultas BINUS Business School.