Bleep Test

bu: Yolanda Alfredo

Hai para atlet! Kalian pasti ngenal yang namanya bleeptest kan? So, buat kalian yang ga ngerti, bleep test adalah cara untuk mengukur kebugaran jasmani kita atau  kemampuan seseorang melakukan aktivitas primer sehari-hari tanpa merasa lelah dan masih mempunyai cukup tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Test ini meliputi berlari terus menerus di antara dua garis yang berjarak 20 m selama terdengar suara beep yang sudah direkam sebelumnya. Itulah sebabnya test ini sering juga disebut bleep test.

 

Berikut ini prosedur melakukan bleep test.

  1. Ukurlah jarak 20 meter dan berikan tanda garis dengan menggunakan kapur.
  2. Perintahkan peserta tes melakukan pemanasan secukupnya.
  3. Start dilakukan dengan berdiri dan posisi kaki berada di belakang garis pada salah satu sisi. Dengan aba – aba “siap-ya” (sesuai dengan irama pada kaset), atlet lari sesuai dengan irama kaset menuju ke sisi yang berlawanan.
  4. Peserta tes harus berusaha sampai ke sisi berlawanan bertepatan dengan bunyi “tut” yang pertama dari kaset.
  5. Akhir setiap lari ditandai dengan sinyal “tut” tunggal, sedangkan akhir dari setiap level ditandai dengan sinyal “tut” tiga kali.
  6. Bila tanda bunyi “tut” berlum terdengar saat atlet sampai pada sisi berlawanan (atlet lebih cepat dari tempo), maka untuk lari balik harus menunggu tanda bunyi “tut”. Sebaliknya, jika atlet belum sampai pada sisi berlawanan namun sinyal bunyi “tut” sudah terdengar (atlet lebih lambat dari pada tempo), maka atlet harus meningkatkan kecepatannya.
  7. Bila dua kali bunyi “tut” berurutan atlet tidak mampu mengikuti irama waktu lari berarti atlet tersebut sudah mencapai batas maksma dan tes dianggap sudah berakhir.
  8. Hasil tes yang berupa level dan balikan kemudian dicocokan dengan norma tes yang berupa prediksi VO2max.

Dan ini adalah standar ukur VO2 Max seseorang

Keterangan :

L = Level (dalam satu level terdapat beberapa Shuttle)

S = Shuttle

 

Jadi.. buat kalian para atlet meskipun pasti capek atau bahkan bisa muntah, penting banget bleep test ini karena bisa mengukur VO2 kalian. Makin tinggi makin gak gampang enggap main dilapangan. Hehe

 

source:

http://nazhifgifari.blogspot.co.id/2013/10/bleep-test.html

http://pardedewimpi.blogspot.co.id/p/multistage-beep-test.html