5 Skill Penting yang harus di kuasai seorang Kiper Futsal

Posted by Mohammad Nur Udin | File under : Futsal Sports

UBL-Futsal-Putra-600x300

Posisi kiper adalah sebuah posisi yang sangat krusial dan rawan. Karena kiper adalah palang pintu terakhir dalam permainan sepak bola. Jadi secara otomatis seorang kiper dituntut untuk bisa menjadi palang pintu terakhir dalam sebuah tim. Kiper yang handal dan bagus tentunya akan memberikan rasa nyaman bagi pemain lain (yang bukan kiper), sebaliknya jika kiper itu kerap melakukan blunder atau kesalahan maka pemain yang lain pun akan was-was bahkan tidak percaya kepada kiper. Jadi buat kiper sudah sewajibnya mengasah terus kepiawaiannya dan keprofesionalannya sebagai kiper.

  1. Reflek

Sebuah hal yang patut dimiliki seorang kiper. Tanpa hal ini lebih baik tidak usah menjadi kiper. Memang, reflek adalah hal yang paling wajib dikuasai seorang kiper demi menjaga gawangnya dari kebobolan. Bagus buruknya reflek kiper bisa dilihat dari seberapa cepat dan banyak kiper melakukan halauan/saves kepada bola yang mengarah ke gawangnya. Namun, ada beberapa hal untuk melatih reflek seorang kiper itu sendiri.

  1. Handling/Controlling

Mengontrol bola yang ditendang ke gawang adalah sebuah hal yang harus dilakukan setelah reflek. Misal, ketika bola ditendang maka yang harus diperhatikan adalah akan menangkap atau menepisnya. Jika, menepis maka akan menepis kemana dan harus berbuat apa setelah menepis agar bisa menguasai bola lagi. Tapi, ketika bermain, pasti tidak akan berpikir seperti ini. Maka bisa mengontrol bola dengan menepisnya turun kebawah, kemudian barulah di tangkap. Atau jika ada backpass dari pemain lain yang harus dilakukan juga mengontrol dan memberikan bola itu kepada teman yang lain yang posisinya bagus untuk menerima bola.

  1. Keluar dari Area Kiper/Rushing Out

Keluar dari area itu dilakukan ketika semua deffender telah berhasil dilewati pemain musuh dan bola mengarah ke gawang. Atau bisa juga ketika bola-bola atas yang langsung mengarah ke musuh yang tepat berada didepan gawang. Ini harus dilakukan untuk melakukan saves bola. Semisal, ada satu pemain lawan berada di depan gawang, dan siap menerima bola lambung maka kiper harus keluar untuk menangkap/memotong pergerakan bola agar tidak jatuh ke musuh. Tapi, hal ini juga memerlukan kecepatan dan juga timing yang tepat. Jika timing tidak tepat dan tidak cepat bergerak maka akan fatal akibatnya nanti.

  1. One On One/Berhadapan Satu Lawan Satu

Kecepatan dan ketepatan dari Rushing Out juga berpengaruh pada hal ini. Reflek pun juga tidak ketinggalan. Kemampuan ini perlu dimiliki seorang kiper. Karena pada posisi berhadapan satu lawan satu maka musuh akan melakukan gerak tipuan untuk mematikan langkah seorang kiper. Namun, bagi yang memiliki reflek dan timing yang tepat maka tidak masalah baginya.

  1. Kemampuan Menguasai Daerah/Areal Ability

Seorang kiper memiliki daerah mutlak miliknya. Daerah inilah yang harus dikuasai oleh seorang kiper. Termasuk juga posisi seorang kiper dalam kesiapan menghalau bola. Kiper memiliki wewenang mutlak untuk memenangkan duel ketika berada didalam Goalkeeper area, tentunya dalam duel yang bersih dan tidak melanggar. Jadi, beranikanlah untuk berduel selama itu demi menyelamatkan gawang dan masih berada didalam area seorang kiper.


DSCF8760

Itu tadi 5 skill yang harus dikuasai seorang kiper futsal tentunya. Sebenarnya banyak sekali hal yang harus ada didalam kiper itu. Mungkin yang lain bisa disampaikan lain waktu. Dan semoga materi ini bisa berguna bagi seorang kiper khususnya pemula.

 

Bella Monica Prativi