Apa Itu Cedera Hamstring ?

Dibuat oleh : Cyndie Desniasari A

Bagi kita penggemar olahraga khususnya sepakbola tentu tidak asing lagi dengan istilah “Cedera Hamstring”. Cedera ini sering terjadi kepada siapa saja jika beban kerja otot melebihi kapasitasnya dan tidak melakukan pemanasan yang benar sebelum melakukan olahraga.

Sebenarnya cedera hamstring tidak hanya dialami oleh pemain sepakbola saja, melainkan juga dialami oleh pemain basket, balap lari, tennis dan rugby. Cedera Hamstring dapat menyebabkan kerusakan otot paha, banyak atlet yang tidak dapat kembali melanjutkan permainan ketika mengalami cedera hamstring.

Ini ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami cedera hamstring :

  1. Olahraga yang dilakukan membutuhkan kecepatan atau sprint.
  2. Belum melakukan stretching dan pemanasan ketika ingin berolahraga.
  3. Dan sebelumnya pernah mengalami cedera hamstring yang mengakibatkan kembali cedera.

Cara Mengatasi Cedera Hamstring :

  1. Kompres dengan air dingin/es batu. Hal ini berguna untuk mengendurkan kembali otot-otot yang sedang tegang akibat aktivitas olahraga yg berlebihan.
  2. Meninggikan kaki yang terkena cedera, ini berguna untuk meminimalisir pembengkakan.
  3. Jangan melakukan aktivitas yang berat. Dengan tidak melakukan aktivitas yang berat, akan mempercepat penyembuhan cedera hamstring.
  4. Memakai alat bantu jalan. Hal ini berguna untuk mengurangi beban kaki yang terkena cedera ketika ingin berjalan.
  5. Minumlah obat pereda nyeri dan anti peradangan.

Cara Mencegah Terjadinya Hamstring :

  1. Lakukan stretching setiap sebelum olahraga, apapun bentuk olahraganya. Stretching adalah salah satu cara paling ampuh untuk mencegah terjadinya cedera. Dalam melakukan olahraga otot kita akan bekerja tidak seperti biasanya. Sehingga tanpa melakukan stretching, otot-otot yang berada pada tubuh kita akan berpotensial untuk mengalami cedera. Dalam setiap olahraga memiliki waktu untuk stretching yang berbeda. Semakin berat jenis olahraga yang ingin dilakukan, maka waktu untuk melakukan stretching cukup lama. Hal ini berguna untuk mengendurkan otot-otot pada tubuh.
  2. Lakukan pemanasan dengan berlari-lari kecil. Ini berguna untuk mengerakkan seluruh anggota tubuh agar saat melakukan olahraga tidak mengalami keseleo.