KUNCI HIDUP SEHAT, MELALUI OLAHRAGA

dibuat oleh : Bella Monica Prativi- divisi 2 Humas dan pubdok

HARIANDOKTER.COM- Pola hidup sendentary merupakan salah satu efek buruk akibat perkembangan teknologi global, dan berkontribusi terhadap timbulnya penyakit-penyakit kronis dan komplikasi kesehatan lainnya termasuk obesitas, penyakit jantung, hipertensi dan kanker.

Kesadaran untuk berolahraga pada masyarakat sangat minim, kecuali bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dan sangat disayangkan, olahraga tidak dijadikan sebuah kebutuhan bagi kesehatan. Tak banyak yang menyadari bahwa dengan berolahraga dapat menurunkan resiko-resiko penyakit yang mematikan, cepat atau lambat, seperti penyakit jantung, penyakit kencing manis atau diabetes melitus tipe 2, dan sindrom metabolik. Berikut fakta-fakta tentang pentingnya berolahraga :

  • Menurunkan resiko kanker usus besar sebanyak 60%.
  • Menurunkan resiko berkembangnya penyakit alzheimer sebanyak 40%.
  • Pria yang rutin berolahraga ≥18 MET jam/minggu, akan memiliki kemampuan ereksi dan fungsi seksual yang lebih baik daripada pria yang tidak berolahraga.
  • Menurunkan angka kejadian penyakit jantung dan hipertensi sebanyak 40%.
  • Resiko stroke akan menurun sebanyak 27% dengan berolahraga.
  • Sebanyak 58% menurunkan resiko keparahan diabetes melitus tipe 2.
  • Meningkatkan angka kesembuhan penyakit depresi, selayaknya obat-obatan dan konseling. Menurut Penelitian Tiggeman dari Australia, disebutkan bahwa olahraga akan meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan mood.
  • Menurunkan angka kejadian patah tulang panggul akibat osteoporosis atau pengeroposan tulang.

 

Anjuran berolahraga dalam dunia kedokteran telah diatur oleh Para Asosiasi Kedokteran Olahraga dunia, dan merujuk guideline-guideline internasional, dan dirangkum sebagai berikut :

  1. Olahraga yang baik bagi kesehatan dilakukan minimal selama 150 menit per minggu dengan intensitas sedang.
  2. Waktu olahraga yang dibutuhkan dalam penurunan berat badan yang signifikan adalah selama 250 menit per minggu.
  3. Untuk mencegah timbulnya osteoporosis dianjurkan berolahraga selama 90 menit per minggu dan secara bertahap hingga 300 menit per minggu.
  4. Olahraga aerobic adalah jenis olahraga yang akan meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh yang diperlukan dalam metabolism karbohidrat dan lemak untuk energi otot saat berolahraga.
  5. Pemanasan 15 menit sebelum berolahraga atau beraktivitas fisik akan menghindarkan anda dari cedera otot.
  6. Sebelum berolahraga, minumlah air mineral secukupnya dan makan makanan kecil.
  7. Bagi anda yang mengidap penyakit-penyakit kronis, seperti asma, hipertensi dan penyakit jantung lainnya, kolesterol tinggi (hiperlipidemia), serta penyakit tiroid sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jenis dan waktu olahraga yang baik bagi anda.

 

(dr. Shirin Syailandira Umri)