CARA UNTUK MEMILIH SEPATU YANG COCOK UNTUK BERMAIN

Ditulis oleh : Koor Media AS (Dinda Prikagustina)

Sepatu merupakan faktor utama yang dapat menentukan performa seorang pemain saat berada di lapangan. Belakangan ini banyak sekali sepatu futsal terbaru yang telah dijual bebas dan masuk ke toko-toko alat olahraga di Indoneisa. Beberapa brand yang umumnya “tidak serius” dalam mengembangkan sepatu futsal pun telah mengeluarkan beberapa Sepatu futsal terbarunya dengan teknologi yang up to date.
Berikut merupakan beberapa cara untuk membantu teman-teman sebelum membeli sepatu yang baru.
1. Yang pertama adalah mencari refrensi sepatu terbaru dengan teknologi yang mendukung terlebih dahulu melalui internet, sehingga teman-teman tidak bingung dalam menentukan brand yang akan dibeli dan dimana harus membelinya.

2. Pastikan ukuran sepatu yang akan teman-teman beli sama atau perlu membeli ukuran yang lebih besar atau kecil dengan cara Fitting langsung ke toko sepatu terdekat karena tidak semua jenis sepatu memiliki ukuran yang sama walaupun dalam Brand yang sama. Ingat ukuran sepatu yang teman-teman gunakan merupakan penentu performa juga loh.

3. Kenali Sol sepatu tersebut apakah dibuat untuk lapangan indoor atau dapat digunakan diberbagai jenis lapangan. Refrensi Sol sepatu futsal adalah sebagai berikut

a. SOL IC sendiri adalah kependekkan dari “Indoor Court “, yang di ambil dari bahasa inggris. Sepatu yang menggunakan sol ini pada dasarnya digunakan untuk lapangan indoor berlantai halus (matras), tidak memiliki stud, bahan outsole biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan sol Indoor Court ini selanjutnya lebih populer kita dengar dengan nama SOL IC/ IN Indoor.

b. SOL TF adalah kependekkan dari “Turf”. Sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan untuk lapangan indoor dengan rumput buatan. Pada sol TF biasanya memiliki stud/pul kecil-kecil yang banyak, hal ini dimaksudkan untuk menambah daya cengkram sepatu pada lapangan rumput. Bahan outsole-nya biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan Sol Turf ini selanjutnya akrab ditelinga kita sebagai SOL TF/TT/Turf.

4. Kenali material yang digunakan pada sepatu yang akan dibeli. Belakangan banyak sepatu yang mengaplikasikan material Knit pada beberapa jenis sepatu futsalnya. Material ini terbuat dari rajutan benang yang kuat agar terasa seperti memakai kaos kaki dan juga membuat kaki tercengkram dengan baik saat bermain.

5. Pastikan tempat teman-teman membeli sepatu baru aman dan terpercaya! Cintai kaki kita dengan tidak membeli sepatu dengan kualitas yang buruk. Say no to Fake!

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu teman-teman pecinta futsal sebelum membeli sepatu baru.

Dinda Prikagustina