TIPS PEMANASAN YANG BAIK DAN BENAR SEBELUM BERMAIN FUTSAL

Pemanasan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan sebelum berolahraga karena dengan pemanasan kita dapat terhindar dari cedera yang serius., tetapi pemanasan juga harus dilakukan dengan benar! Berikut adalah beberapa tips yang dapat teman-teman terapkan sebelum bermain futsal.

1. Berlari. Berlari dengan ritme yang teratur dan tidak terlalu kencang, disarankan melakukan sprint atau dash setiap beberapa meter agar jantung menjadi terpacu dan tidak kaget disaat bermain.

2. Senam. Melakukan senam dengan cara menggerakan bagian tubuh dari kepala hingga kaki yang bertujuan membuat otot dan sendi-sendi menjadi rileks dan lentur agar terhindar dari cedera otot maupun sendi yang serius.

3. Pendinginan. Melakukan pendenginan dengan cara berhenti bergerak sejenak dengan maksud menurunkan suhu tubuh yang tinggi setelah pemanasan agar tubuh kembali pada kondisi prima dan siap untuk bertanding.

4. Pernafasan. Disarankan bernafas dengan benar dan teratur setelah melakukan pemanasan dengan tujuan membuat otot rileks dan menurunkan detak jantung ke ritme normal.

Demikian beberapa tips yang harus dilakukan sebelum bermain futsal and remember to play safe!

Dinda Prikagustina