Mengapa Upacara Bendera Dilaksanakan Setiap Hari Senin?

C__Data_Users_DefApps_AppData_INTERNETEXPLORER_Temp_Saved Images_Picture-418

      Setiap hari Senin siswa sekolah punya kewajiban upacara bendera. Sebetulnya alasan apa yang mendasari upacara bendera jatuh pada hari Senin, bukan hari lainnya? Jika merujuk pada hari kemerdekaan, sepertinya tidak. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu jatuh pada hari Jumat, bukan hari Senin. Apabila berdasarkan hari Indonesia merdeka, maka seharusnya upacara bendera dilaksanakan pada hari Jumat.

    Lalu mengapa upacara bendera tetap dilakukan pada hari Senin? Setelah penulis melakukan penelusuran kecil, alasan-alasan berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan “Mengapa upacara bendera harus dilakukan di hari Senin?”. Pertama, Senin adalah hari pertama memulai kegiatan setelah libur akhir pekan. Senin adalah awal siswa sekolah masuk setelah libur hari minggu. Awal pekan dirasa layak untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme. Selain itu, kita juga dapat mengingat pahlawan yang dulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia dan kitapun akan berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan sekolah atau kerja selama seminggu.

     Alasan yang kedua yaitu jika dilaksanakan pada hari Jumat, orang-orang sudah mulai kehilangan semangat Apabila upacara dilaksanakan  pada hari Jumat, mungkin pelaksaaannya tidak sekhusyuk hari Senin. hal itu disebabkan karena rasa lelah setelah sekolah atau bekerja dari hari Senin hingga Kamis. Jika upacara bendera dilakukan di hari Jumat maka akan berkurang tujuan dari upacara itu sendiri, yaitu meningkatkan rasa nasionalisme. Alasan yang terakhir yaitu Upacara sudah menjadi kewajiban bagi siswa sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Bapak Anies Baswedan mewajibkan semua sekolah, baik negeri maupun swasta untuk menglaksanakan upacara bendera setiap hari Senin. Kemendikbud akan memberikan sanksi bagi sekolah yang melanggar aturan tersebut.

 

 

Referensi : “Kenapa upacara bendera itu setiap hari Senin?” oleh Irwan Khoiruddin pada 21 September 2015. https://www.brilio.net/news/kenapa-upacara-bendera-itu-setiap-hari-senin–150921n.html