PASKIBRA MEMBENTUK JIWA NASIONALISME DAN PATRIOTISME

Artikel oleh

Nama    : Meisya Aznes Al Haqim

Jurusan : Hubungan Internasional

UKM      : FOPASBIN

 

PASKIBRA MEMBENTUK JIWA NASIONALISME DAN PATRIOTISME

          Terlepas dari belenggu penjajahan , Indonesia kini dapat merasakan kemerdekaan untuk seluruh rakyatnya. Bendera merah putih pun sekarang telah berkibar dari sabang sampai merauke utuh disetiap ujung tiang tertinggi . Pengibaran bendera itu tentunya tidak terlepas dari para pasukan pengibar bendera atau yang disebut PASKIBRA. Gagasan Paskibra pertama hadir pada tahun 1946 , Pada saat itu presiden pertama Ir. Soekarno-hatta menyerukan perintah kepada Mayor Husein Mutahar untuk melaksanakan kemerdekaan.  (  https://id.m.wikipedia.org/wiki/Paskibraka )

Paskibra dianggao sebagai salah satu cara untuk memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme kepada seluruh generasi muda. Pada zanan globalisasi ini, rasa nasionalisme bisa dibilang semakin berkurang. Banyak harapan-harapan serta angan-angan untuk menanam kembali rasa nasionalisme tersebut dengan wujud-wujud fisik. Nasionalisme merupakan suatu wujud atau implementasi dari kecintaan serta kebanggaan terhadap bangsa dan negara. Nasionalisme juga merupakan keinginan dari seluruh rakyat Indonesia untuk mengembangkan bangasanya. http://pancasila.weebly.com/pengertian-nasionalisme.html )

Paskibra terbagi atas 3 tingkatan. Terdapat paskibra nasional, paskibra tingkat propimsi, dan paskibra tingkat kota. Paskibra nasional merupakan pasukan yang melakukan pengibaran di Istana negara. Paskibra yang bertugas dikantor pemerintahan seperti gubernur dinamakan paskibra propinsi. Paskibra yang bertugas di kantor walikota dinamakan paskibra kota. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Paskibraka

Sebagai generasi muda yang memiliki rasa patriotisme yang tinggi. Saya mencoba untuk menganalkannyya dalam paskibra. Banyak manfaat yang saya dapatkan setelah bergabung dalam Fopasbin atau Forum Paskibra Bina Nusantara. Saya menjadi faham bahwa untuk mencapai kemerdekaan itu sangat sulit. Paskibra membuat saya sadar betapa pentingnya menjaga rasa nasionalismw dan patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena cinta kepada tanah air sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan berpedoman kepada ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila .