Alasan Mengapa Anggota Paskibra Patut Diacungi Jempol

Oleh : Levina Jescelind Vionanda , Update on 10 February 2017
Sumber : papasemar.com
Pasukan yang satu ini memang selalu menjadi pusat perhatian di setiap upacara bendera. Bukan karena mereka melakukan atraksi heboh atau pun atraksi-atraksi ektrem lainnya ya. Tetapi karena pasukan ini mengemban tugas yang cukup penting, yakni mengibarkan sang saka merah putih
1) Menjadi Seorang Paskibraka Kamu Di Tuntut Harus Disiplin
Mulai dari latihannya yang harus dateng tepat waktu, latihan fisik dan masih banyak lagi. Nggak jarang, bila ada anggota yang kurang disiplin bisa-bisa kamu dikasih hadiah berupa hukuman berupa push up atau skot jam. Yah hitung-hitung olah raga lah ya.. tapi disinilah letak serunya kamu masuk ke ekskul paskibraka. Kebiasaan-kebiasaan kamu yang kurang disiplin bisa digembleng disini. Jadi, buat kamu yang mau memperbaiki kebiasaan ngaret, telat atau pun hal-hal nggak disiplin lainnya, kamu bisa coba menjadi seorang paskibraka.

2) Fisik Kamu Akan Kuat Karena Sering Latihan Di Lapangan Terbuka
Menjadi seorang anggota paskibraka kamu pasti akan banyak latihan baris-berbaris di lapangan. Selain kamu memiliki keahlian baris berbaris, dengan latihan ini fisik kamu akan dilatih sedemikian lupa agar lebih kuat. Seperti sedikit yang diulas diatas tidak jarang saat kamu melakukan kesalahan atau pun ketidakdisiplinan ssepertio datang terlambat atau tidak membawa perlengkapan yang seharusnya kamu akan bisa di minta untuk push up atau pun skot jump. Sebenarnya, hukuman ini dilakukan bertujuan bukan untuk mengerjai sih, tetapi lebih kepada disiplin agar anggota yang bersangkutan menjadi ingat dengan ketidakdisiplinannya, begitu juga dengan anggota paskibraka yang lainnya.

3) Nggak Hanya Fisik Mental Kamu Pun Pasti Akan Kuat
Selain membuat fisik kamu lebih kuat, menjadi seorang paskibraka juga akan membuat mental kamu lebih ditempa. Jangan takut dulu ya, ini bukan seperti apa yang kamu bayangkan kok, tetapi latihan mental ini bertujuan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan dalam diri kamu. Hukuman-hukuman seperti push up atau pun skot jump itu merupakan bagian untuk membantuk karakter disiplin dalam diri kamu. jadi, nggak heran dong kenapa kakak-kakak kelas kamu yang ikut ekskul paskibraka orangnya rapi-rapi dan disiplin semua.

4) Anaknya Tepat Waktu Banget!
Mereka pasti adalah orang-orang yang paling tepat waktu kalau janjian. Mau dibilang datang jam berapa setengah jam sebelumnya bisa dipastikan teman kamu itu sudah datang. Latihan kedisiplinan yang terus mereka lakoni setiap minggunya sedikit banyak akan membentuk kepribadian mereka menjadi orang yang disiplin dan menghargai waktu. Nah, ini mengapa dalam kehidupan sehari-hari mereka juga akan terlihat lebih rapi dan disiplin. Jadi, kalau kamu mau janjian sama mereka nggak perlu khawatir deh mereka akan terlambat atau pun ngaret karena sudah dipastikan bahwa mereka anaknya tepat waktu banget.

5) Kamu Akan Mendapatkan Pegalaman Yang Berharga
Jika kamu memang benar-benar aktif mengikuti kegiatan paskibra di ekskul kamu, kamu pasti akan mendapatkan banyak pengalaman. Dengan ikut lomba dan bertemu dengan banyak teman-teman baru dari sekolah-sekolah lain ini akan menjadi suatu pengalaman yang berharga untuk kamu. Apalagi bila kamu bisa sampai berprestasi dengan memenangkan lomba-lomba yang kamu ikuti. Pengalaman berharga yang kamu dapat tidak hanya sampai disitu saja, selain itu jika kamu memang berhasil masuk menjadi anggota paskibraka tingkat nasional, kamu akan pengalaman kamu di karantina selama beberapa minggu pastinya tidak akan kamu lupakan dan ini akan menjadi pengalaman yang akan sangat amat berharga untuk kamu.