Arti Lambang Negara Indonesia

Arti Lambang Negara Indonesia

GARUDA

Lambang memiliki definisi tanda pengenal yang tetap (menyatakan sifat, keadaan, dan sebagainya), sehingga dapat disimpulkan bahwa lambang Negara merupakan tanda pengenal suatu negara yang menyatakan sifat dan keadaan daripada suatu negara.

Lambang Negara Indonesia yaitu berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan, perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” yang ditulis diatas pita yang dicengkram Garuda.

Lambang Negara ini memiliki elemen berupa:

  • Garuda

Garuda digunakan sebagai Lambang Negara untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan Negara yang kuat. Garuda memiki warna keemasan yang menggambarkan keagungan dan kejayaan. Jumlah bulu Garuda Pancasila melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, antara lain: 17 helai bulu pada masing masing sayap, 8 helai pada ekor, 19 helai bulu di bawah perisai atau pada pangkal ekor dan 45 helai bulu di bagian leher.

  • Perisai

Perisai merupakan gambaran perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan. Ditengahnya terdapat garis hitam tebal yang melukiskan garis khatulistiwa. Perisai memiliki warna dasar merah putih yang menggambarkan warna bendera kebangsaan Indonesia. Pada perisai terdapat lima buah ruang yang mewujudkan dasar Negara Pancasila

  • Pita bertuliskan “Bhineka Tunggal Ika”

Penggunaan lambang Negara diatur dalam UUD 1945 pasal 36A dan UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. (LN 2009 Nmr 109, TLN 5035). Sebelumnya lambang Negara diatur dalam konstitusi RIS, UUD sementara 1950, dan Peraturan Pemerintah No. 43/1958.

Mengingat betapa pentingnya lambang Negara, baiknya kita menjaga nama baik lambang Negara dan tidak mempermainkan tiap elemen pada lambang Negara. Sebagai anak muda, penting untuk mengetahui lebih dalam mengenai lambang Negara. Lambang Negara merupakan esensi penting Negara Indonesia yang seharusnya kita jaga dan hormati.

 

Klaudiya