Cara Menangani Turunya Harga Investasi Reksadana

Fernando Andrew Hirawan / 2001541485

sumber : http://bnn.ba/biznis/bih-rast-industrijske-proizvodnje-u-augustu

            Kinerja harga investasi reksadana dalam perekonomian terkadang mengalami kenaikan dan penurunan. Adanya penurunan harga ini membuat para investor mengalami kerugian. Bagaimana cara untuk mengatasi penurunan  harga dalam pasar modal? Berikut akan  saya bagikan strategi – strategi yang dapat membantu anda dalam menghadapi turunya harga investasi di pasar modal.

  1. Anda harus meninjau kembali tujuan keuangan anda
    Dimana kita harus mengetahui tujuan berinvestasi, apa yang akan kita lakukan dari keuntungan investasi tersebut dan berapa lama kita akan berinvestasi.
  2. Merubah cara berinvestasi
    Apabila anda berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, maka sebaiknya anda mengganti investasi anda ke instrumen jangka pendek yang lebih aman seperti reksadana pasar uang atau deposito. Memang tingkat pengembalian deposito kecil tetapi, deposito aman untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang pendek.
    Banyak orang yang salah memilih jenis investasi mereka karena hanya tertarik akan keuntungan sesaat dengan penawaran pendapatan yang tinggi. Pilihan tersebut membuat mereka memilih instrumen yang kurang cocok dengan tujuan investasinya.
  3. Menambah investasi
    Strategi ini  disarankan untuk anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Seperti krisis pada bursa saham yang terjadi pada tahun 2008, memberikan efek yang buruk dan dibutuhkan sekitar dua tahun sampai harga saham pulih kembali. Setelah terjadinya hal tersebut, harga saham kembali pulih ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.
    Penurunan harga saham tidak akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Kita sebagai investor tidak usah mengkhawatirkan penurunan harga saham karena dalam jangka waktu yang lama akan membuat nilai saham tersebut naik kembali (rebound)
    Intinya dana yang di gunakan adalah untuk investasi jangka panjang sehingga tidak khawatir jika harga saham sedang turun.
  4. Mengatur pengeluaran
    Penurunan harga pasar dapat menyebabkan penurunan nilai investasi dan membuatnya menjadi tidak likuid. Untuk menghadapi keadaan ini, kita harus mengatur pengeluaran kita sebagai investor. Penghematan dalam pengeluaran dilakukan untuk menutupi kerugian investasi yang disebabkan penurunan harga pasar.

Sumber:
http://www.duwitmu.com/reksadana/cara-menghadapi-turunnya-harga-investasi-reksadana/

Fernando Andrew Hirawan