CSC Gathering 2024

CSC Gathering : Knitting Together Through Sports

CSC Gathering adalah acara tahunan yang diadakan oleh Cyber Security Community (CSC) BINUS. Acara ini dirancang untuk mempererat hubungan antara anggota komunitas, meningkatkan kerjasama tim, dan menciptakan suasana kebersamaan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Tahun ini, CSC Gathering kembali mengusung tema olahraga, dengan turnamen bulu tangkis sebagai acara utamanya.

Tujuan utama dari CSC Gathering adalah untuk memberikan kesempatan kepada para aktivis CSC untuk lebih mengenal satu sama lain di luar lingkungan kerja atau akademis. Acara ini juga bertujuan untuk membangun kerjasama yang lebih baik di antara anggota komunitas, memperkuat ikatan sosial, dan menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan. Melalui kegiatan ini, diharapkan para aktivis dapat saling berbagi pengalaman, belajar satu sama lain, dan membentuk hubungan yang lebih erat yang akan bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk dalam bekerja sama di bidang keamanan siber.

CSC Gathering tahun ini diadakan pada tanggal 24 Mei 2024 di GBK Arena. Seperti tahun sebelumnya, acara ini mengangkat tema olahraga, dengan turnamen bulu tangkis sebagai acara puncaknya. Berikut adalah rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara. Acara dimulai pada pukul 13.00 siang. Para aktivis CSC mulai berkumpul di GBK Arena, melakukan registrasi, dan mengambil paket makan siang yang telah disiapkan oleh panitia. Sambil menunggu kedatangan peserta lainnya, para aktivis bisa menikmati makan siang mereka, berbincang-bincang untuk mencairkan suasana, dan latihan pemanasan untuk bertanding nanti.

Setelah semua peserta tiba dan makan siang selesai, sekitar pukul 14.00, panitia mulai mengumumkan pembagian tim. Setiap tim terdiri dari dua orang yang dipilih secara acak oleh panitia. Pembagian tim secara acak ini bertujuan untuk mendorong interaksi dan kerjasama antara anggota yang mungkin belum saling mengenal dengan baik.

Turnamen bulu tangkis dimulai segera setelah pembagian tim selesai. Para peserta bermain secara bergiliran, dengan setiap pertandingan berlangsung dalam waktu yang telah ditentukan. Pertandingan dilakukan dengan semangat sportivitas dan kerjasama, di mana setiap tim berusaha untuk memenangkan turnamen namun tetap menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kesenangan.

Setelah sekitar tiga jam pertandingan, turnamen berakhir pada pukul 17.00. Panitia kemudian mengumumkan tim pemenang dan memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan usaha mereka. Semua peserta diberi kesempatan untuk beristirahat dan menikmati suasana santai setelah seharian berolahraga.

Sambil menunggu bus yang akan membawa para aktivis kembali, panitia membagikan baju dan lanyard CSC sesuai dengan divisi masing-masing. Souvenir ini bukan hanya sebagai kenang-kenangan, tetapi juga sebagai simbol identitas dan kebersamaan di antara para anggota komunitas CSC.

CSC Gathering tahun ini tidak hanya menjadi ajang untuk berolahraga dan berkompetisi, tetapi juga momen yang berharga untuk mempererat hubungan dan membangun kenangan indah bersama. Dengan suasana yang penuh kehangatan dan keceriaan, acara ini berhasil mencapai tujuannya untuk merajut kebersamaan dan kerjasama di antara para aktivis CSC.