Yuk, Tau Lebih Dalam Pengalaman Announcer Trax FM!

Halo Blistener! Bvoice radio kali ini berkesempatan ngobrol2 sama alumni bvoice nih. Penasaran kan apa aja yg diomongin? Yuk langsung aja baca obrolan dengan Khanzanisa Tamara!

A : Bvoice Radio
B : Khanzanisa Tamara

A : Halo kak khanza makasih ya udah meluangkan waktunya untuk wawancara. Aku mau nanya sedikit boleh yaa kak?
B : Haloo, iya boleh

A : Kalo boleh tau, kaka dibinus ambil jurusan apa ya?

B : Gua di binus ambil jurusan International Bussiness

A : kudenger – denger kaka dulu selain ikut bvoice kaka ikut stamanara juga yaa?
B : iyaa. Jadi gua awal masuk kuliah tahun 2012 di alam sutra dan di saat itu cuma ada stamanara di alam sutra, jadi akhirnya gua ikut ukm dance stamanara. Setelah melewati 2 tahun di stamanara, ternyata gua lebih banyak nge MC in dibandingkan perfom. Jadinya gua memutuskan buat masuk bvoice di tahun ke 3

A : Untuk ngatur waktu antara kuliah, bvoice, sama stamanara gimanaa tuh kakk?
B : Jadi selama 2 tahun itu gua tahan bolak balik alam sutra buat latihan stamanara, dan di bvoice juga setiap pulang kampus ke anggrek buat siaran. ketika sampai rumah pun gua begadang buat ngerjain tugas lagi. Tapi ya balik lagi itu semua karna niat dan ngejalaninnya juga senang

A : Dari awal masuk bvoice apakah ada kepikiran untuk kerja di radio swasta?
B : Sebenernya gua awalnya ga berfikir masuk radio swasta, gua pengen belajar ke MC nya dulu. Lebih ke arah delivery komunikasi yang lebih baik, halus, karena gua sebenernya tipe orang yang straight forward. Jadi gua bisa belajar komunikasi yang lebih alus, bridging kearah topik yang gua pengen ketika ngobrol sama orang.

A : Apaa yang membuat kaka tertarik atau minat kaka terhadap radio?
B : Gua masuk bvoice di tahun ketiga kuliah, dan gua siaran gasampe setahun di tahun 2015 gua masuk trax fm sambil skripsi, magang, dan training . Jadi menurut gua kalo lu ada niat gaada alasan untuk melakukan lebih dari 2 hal.

A : Menurut kaka, radio di zaman sekarang itu gimana dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih?
B : Dengan di dukungnya teknologi yang lebih canggih, dari segi suara lebih jernih, jangkauannya lebih luas. Dan penyiar akan tetap sebagai penyiar dengan teknik siaran yang sama, tapi teknologi membantu siaran menjadi lebih mudah.

A : kaka kan sebagai alumni announcer bvoice, nah bisa diceritain pengalamannya sebagai announcer? Dan sukses pula sekarang sebagai announcer radio swasta?
B : jadi gua ketika masuk bvoice, mentor gua di announcer itu tomy. Ketika kelas kecil, kita bikin kelompok dan gua sekelompok sama cattleya, chyntia, dan adam. Nah mentor gua ini ngajarinnya perpersonal dengan karakternya masing-masing. Yang bersyukurnya gua orang yang selalu nyatet, jadi akan inget materi yang pernah dikasih. Dan satu lagi, kita juga harus set goals dan peer to peer atau kompetitor yang sepadan, tapi tetap bersaing secara sehat.

A : Rekruitment di radio swasta gimanaa kak terutama di trax fm?
B : Setau gua ada 2 macem, ada yang open recruitment dan under recruitment. Pada saat itu gua ikut audisi yang open recruitment atau secara umum, gua apply cv ke trax fm dan gua ikut audisi. Awalnya kesisih jadi 20 orang, sampai penyisihan yang terakhir jadi 6 orang.

A : Kalo sistem manajemen di radio swasta gimana yaa kakk?
B : Sebenernya sistem manajemen di radio swasta gabeda jauh sama bvoice. Karena bvoice udah ngikutin sistem manajemennya radio swasta, jadi menurut gua apa yang lo pelajarin di bvoice secara gak langsung belajar sistem manajemen di radio swasta juga.

A : Di zaman sekarang, anak remaja selalu make gadget buat dengerin lagu dan pastinya mereka sering dengerin lewat streaming platform ( spotify, joox, dan yang lainnya). Nah menurut kaka media tersebut memusnahkan radio gak kak?
B : Menurut gua, selama macet masih ada di jakarta, radio bakal tetep ada karena setiap orang tetep stuck di jalan yang butuh hiburan. Walaupun ada streaming platform kaya spotify, joox, you name it.Tapi menurut gua tetep ada personal touch dari seorang penyiar ke pendengar.

A : Oke makasih yaa kak khanza udah mau sharing
B: Okay sama2 yaa

Nah itu semua Blistener wawancara dari Khanzanisa. Bisa banget di coba ya Blistener, kali aja ternyata passion lo sebenernya ga sesuai sama jurusan lo! Itu semua ga menutupi kemungkinan kalo pekerjaan lo nanti gak sejalan sama jurusan yang udah diambil

Don’t forget to follow our Social Media for more information!
Instagram : @bvoice_radio
Twitter : @bvoiceradio
Facebook : Bvoice Radio
Line@ : @bvoiceradio
iOs : Bvoice Radio
App Store : Bvoice Radio

Writer: Raden Roro Amira D.F/ Reporter Bvoice Radio

Editor: Mukhanwar Aldiyan /Reporter Bvoice Radio