Ngerasa Susah Kalahin Rasa Males Lo? Ini Dia Caranya!

Hai, Blistener! Gimana nih kabarnya setelah mulai berkegiatan normal lagi? Semoga semangat terus yaa! Tapi buat lo yang masih #DirumahAja, pasti ngerasain kan fenomena “mager” atau males gerak? Pas banget! Bfeatures kali ini bakalan ngasih lo tips supaya terhindar dari mager! Mau tau gimana caranya? Scroll yuk!

Rasa males untuk bergerak penyebabnya emang macem – macem. Tapi menurut ilmu kedokteran, rasa males gerak ini bisa muncul karena terlalu banyak melakukan kegiatan yang mudah buat otak. Karena kegiatan kaya gitu biasanya bersifat menghibur atau entertaining yang membuat otak melepaskan Dopamine yaitu senyawa kimia yang ngasih efek seneng, rileks, dan bikin kita ngerasa terhibur.

Harusnya kalo terhibur kita jadi makin semangat berkegiatan dong? Nah jawabannya enggak, Blistener. Aktivitas yang bisa ngelepasin Dopamine yang tinggi emang bikin kita terhibur, tapi di sisi lain aktivitas kaya gitu juga bisa bikin otak jadi males atau kurang termotivasi buat mengerjakan aktivitas yang punya dosis Dopamine lebih rendah. Itulah kenapa kita lebih tahan main game berjam – jam dibanding baca buku sejarah yang ngebosenin dan punya dosis Dopamine lebih rendah.

Tapi gimana sih supaya kita punya motivasi buat ngerjain aktivitas yang produktif walaupun ngebosenin? Gampang! Yaitu dengan ngelakuin Diet Dopamine. Tenang dulu, ini bukan diet yang bikin perut lo keroncongan kok! Diet disini artinya lo harus mengurangi aktivitas yang bersifat menghibur dan beraktivitas yang lebih menyehatkan dan punya dosis Dopamine rendah.

 

Ini dia kegiatan yang harus dihindari selama Diet Dopamine:

  • Main games
  • Makan Junk Food
  • Browsing Internet
  • Dengerin Musik
  • Dan kegiatan menghibur lainnya

 

Mungkin Diet Dopamine ini bakal buat lo ngerasa bosen yaa, Blistener. Tapi tenang aja, diet ini cuma dilakuin satu hari dalam seminggu kok. Selamat mencoba!

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

 

Instagram              : @bvoice_radio

 

Twitter                  : @bvoiceradio

 

Facebook              : BVoice Radio

 

Line@                   : @bvoiceradio

 

(Writer: Muhammad Bima Utomo / Bvoice Radio)

 

(Editor: Sandyta Putri Prihadno / Bvoice Radio

Nala Nabila Saraswati / Bvoice Radio)