Passion Jennifer Halim Sebagai Ketua UKM Sepak Bola BINUS University

Halo Blistener! Dari lo ada gak sih yang suka Sepak Bola? Kebetulan banget, nih. Bpioneer kali ini berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng ketua UKM Sepak Bola, loh! Jadi buat lo yang penasaran, yuk scroll down artikelnya!

B : BVoice Radio

 

J : Jennifer

 

B : Halo selamat siang, Kak! Sebelumnya aku mau ucapin terima kasih karena udah luangin waktunya buat ngobrol-ngobrol bareng disini Kak. Mungkin untuk memulai boleh kenalan dulu yaa Kak.

 

J : Iyaa halo, kenalin nama gue Jennifer. Gue dari jurusan Food Technology, Binusian 2023, region Alam Sutera. Gue disini sebagai Ketua Umum UKM Sepak Bola.

 

B : UKM Sepak Bola itu ada di berapa region BINUS, Kak?

 

J : UKM Sepak Bola ada di lima region BINUS. Kemanggisan, Alam Sutera, Bekasi, Bandung, dan Malang. Sebenernya di BINUS Senayan juga ada. Tapi karena kondisi pandemi ini, jadi terpaksa harus gak aktif dulu untuk sementara.

 

B : Kalau dari ketuanya sendiri beda-beda atau satu, Kak?

 

J : Jadi kepemimpinan gue menaungi BINUS Kemanggisan, Alam Sutera, dan Bekasi. Kalau Bandung dan Malang itu ada ketuanya sendiri-sendiri.

 

B : Wah, hebat ya Kak Jennifer menaungi tiga region sekaligus. Tapi kalau Kak Jennifer sendiri suka Sepak Bola itu dari kapan, Kak?

 

J : Gue sendiri sih main Sepak Bola udah dari SMP. Terus karena gue suka, jadinya bisa gue lanjutin sampe kuliah ini.

 

B : Boleh cerita gak Kak awal mula kenapa pilih masuk UKM Sepak Bola di BINUS?

 

J : Awalnya gue sempet kepikiran untuk masuk himpunan. Terus gue mikir, kalau masuk himpunan pasti masih berhubungan sama jurusan dan belajar kan. Karena gue butuh refreshing, akhirnya gue memutuskan untuk masuk UKM aja. Menurut gue, refreshing gue itu adalah olahraga. Berhubung gue juga udah main Sepak Bola dari dulu, jadi lah gue memilih UKM Sepak Bola dan Bulu Tangkis. Tapi yang lanjut sampai sekarang itu Sepak Bola.

 

B : Terus gimana Kak sampai akhirnya bisa jadi Ketua Umum ini?

 

J : Iyaa, gue kan di UKM Sepak Bola cukup aktif. Terus senior-senior gue mempercayakan untuk calonin diri menjadi Ketua Umum. Disitu gue mikir, kalau senior-senior aja mempercayakan gue untuk jadi Ketua Umum, kenapa gue gak percaya sama diri sendiri. Akhirnya gue calonin diri untuk jadi Ketua Umum, dan ternyata gue yang kepilih menjadi Ketua Umum.

 

B : Kalau boleh tau, apa sih program kerja di kepemimpinan Kak Jennifer saat ini?

 

J : Ada LDKA, LDKP, Welcoming Party, latihan online, P2M, dan kita lagi usahain untuk bisa merger dengan UKM Sepak Bola Bandung dan Malang. Biar nanti Ketua Umumnya satu aja, tapi tetep ada ketua regionnya masing-masing.

 

Source : Jennifer

 

B : Kak Jennifer kan pernah menjalankan program kerja itu secara offline, gimana sih kak cara ubah itu semua jadi online di kondisi seperti ini? 

 

J : Sebenernya kalau untuk LDKA, LDKP, Welcoming Party itu masih cukup mudah, ya. Nah, yang susah ini latihannya. Akhirnya kita puter otak dan memutuskan untuk adain latihan online. Latihan online juga ada ketentuan minimal 12 peserta untuk bisa dilakuin. Kita juga adain challenge-challenge biar UKMnya bisa tetep aktif.

 

B : Sebentar lagi bakal ada mahasiswa baru nih, Kak. Kira-kira ada gak ya ketentuan untuk masuk UKM Sepak Bola. Harus jago dulu mungkin, Kak?

 

J : Syarat kayak gitu gak ada sih. Justru UKM Sepak Bola itu tempat mahasiswa baru yang tadinya belum bisa main Sepak Bola, jadi bisa main Sepak Bola. Paling syaratnya daftar aja sih. Saat mereka udah bayar biaya pendaftaran, mereka udah sah jadi anggota UKM Sepak Bola.

 

B : Seandainya nih Kak, ada yang mau lanjut jadi aktivis, ada ketentuannya gak, Kak?

 

J : Kalau mau jadi aktivis paling harus ikut interview dulu sih. Nanti kita seleksi anggota-anggota yang capable untuk naik jadi aktivis.

 

B : Aku mau nanya nih, Kak. Apa sih program kerja terbaru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya?

 

Source : Jennifer

 

J : Mungkin kalau dari gue pengen adain bonding. Tapi niatnya untuk waktu masih offline. Karena kan waktu dulu gue kampanye belum ada pandemi kaya gini kan. Jadi untuk sekarang, kita mau fokus untuk merger sih. Di BINUS Bandung dan Malang kan masih UKM Futsal namanya. Nah, kita mau nih untuk menjadi satu kesatuan UKM Sepak Bola.

 

B : Kalau program terdekat yang bakal dijalanin apa, Kak?

 

J : Paling deket-deket ini bakal ada recruitment lagi ya untuk pengurus dan pengganti gue. Sebentar lagi juga bakal ada Expo untuk mahasiswa baru. Disitu mereka bisa daftar untuk jadi anggota dari UKM Sepak Bola. Kita juga bakal adain LDKP untuk pengurus-pengurus baru.

 

B : Apa sih Sepak Bola di pandangan Kak Jennifer?

 

J : Sepak Bola itu passion gue sih. Makanya kenapa gue pengen nyemplung lebih dalam ke Sepak Bola, karena ini passion gue. Gue juga ngerasa happy saat main Sepak Bola. Jadinya kenapa nggak gue mendedikasikan diri gue untuk Sepak Bola.

 

B : Apa goals Kak Jennifer untuk UKM Sepak Bola kedepannya?

 

J : Dari gue sih cuma pengen program kerjanya berjalan dengan lancar semuanya. Terus juga semoga pandemi ini bisa cepat udahnya biar bisa ikut lomba lagi dan dapetin prestasi lagi.

 

B : Kalau harapan dari Kak Jennifer untuk anggota, aktivis, maupun pengurus UKM Sepak Bola apa, Kak?

 

J : Harapan gue sih untuk anggotanya biar bisa lebih deket, akur, supportive satu sama lain sih. Sesuai sama slogan kita, “We Are Not Just a Football Team, We Are Family”. Jangan sampai ada slek-slekan. Gue juga berharap UKM Sepak Bola bisa menjadi tempat yang tepat untuk mahasiswa baru bisa menyalurkan hobi mereka ataupun tempat untuk berorganisasi. Karena kan disini kita selain melatih hard skill, kita juga melatih soft skill.

 

B : Wah, semoga goals dan harapannya tercapai semua ya, Kak. Mungkin itu aja kak ngobrol-ngobrol hari ini. Terima kasih ya Kak udah sempetin waktunya. Kapan-kapan kita ngobrol lagi ya, Kak!

 

J : Terima kasih, BVoice!

 

Blistener, itu dia ngobrol-ngobrol hari ini bareng Ketua UKM Sepak Bola. Gimana, udah tertarik belum untuk daftar? Buat lo yang kepo sama UKMnya, lo bisa cek instagramnya di @ukmbolabinus ya! Mungkin cukup sekian Bpioneer kali ini, jangan lupa cek artikel BVoice Radio yang lain ya, Blistener! Stay safe!

 

Don’t forget to follow our social media for more updates!

 

Instagram : @bvoice_radio

 

Twitter : @bvoiceradio

 

Facebook : Bvoice Radio

 

Line@ : @bvoiceradio

 

 

 

( Writer       : Zaki Zaidaan Rachman / Bvoice Radio )

 

( Editor        : Keizia Dinda Vania / Bvoice Radio )