Awalnya Cuman Iseng, Eh Malah Jadi Content Creator?

Halo Blistener, Apakabar? Semoga lo sehat sehat aja yaa, kali ini Bvoice wawancara salah satu anak Binus yang iseng iseng berhadiah! maksudnya gimana? Langsung aja scroll kebawah

 

B : Bvoice

V : Venithya

 

B:  Haloo venithya calista, gimana kabarnya?

V: Halooo, baikk dong hehehe

B: Kalo boleh tau lagi sibuk apa nih ?

V: Hmmm, kebetulan kampus kan lagi libur, jadi lagi fokus ngelakuin hobi dan kerjaan nih sekarang, tapi semuanya online

B: ngomongin hobi, emang lo lagi suka ngapain  sih?

V: Lagi sukaaa masak sih, coba coba resep, terus upload di tiktok hehehe, jadi content creator nya tiktok gituu…

B: Seru ya kayaknya! boleh certain ga ven gimana awalnya lo buat Tiktok?

V: nah, sebenernya dari dulu gua udah suka main tiktok, awalnya dari musicaly. Terus sekarang ini musicaly gabung kan di tiktok, jadi udah ada akunnya tuh, tapi ternyata udah gabisa dibuka, akhirnya gua bikin akun baru dehh mulai dari 0. Gua mulai main Tiktok lagi dari bulan Januari, sebelum ada pandemic. Pas awal videonya belum ada masak-masak, bikin comedy, ikutin trend kekinian, eh ternyata banyak yang sukaa, tapi beberapa doang, dan itu perjuangan banget, karena sehari bisa bikin 5 video, dan 5 – 5nya gak viral, jadi di  delete semuaa.

Sering juga ngajak temen – temen main, tapi pada bilang dan anggep tiktok “alay”, sampai akhirnya tiktok booming banget sekarang, dan dipake semua orang, sampe ada juga yang buat marketing gituu.

B: Oh berarti dari awal konten lo iseng doang ya dan bukan cuman masak-masak ajaa. Mau tau dong apa hal yang ngedukung lo buat terus berkonten?

V: Iyaa, sampe akhirnya pernah iseng post bikin sandwich kesukaan gua, ternyata tinggi banget viewsnya, dan tiktok sendiri ngerekrut gua untuk jadi content creator mereka gituu, tapi di bagian makanan atau resep resep.

Nah kalo soal yang ngedukung semangat bikin konten, jadi kita semua yang bikin video kan selalu berharap videonya viral, min 10.000 views keatas untuk content creator. Perjuangan bangett, di awal awal itu ada 3 video gua yang viral, terus di pertengahan sampe akhir januari, semua video yang gua upload bener bener gaada yang nyentuh 1000 pun, segala konten gua buat tuh, tapi tetep aja, walaupun udah sampe totalitas, dandan ini itu. Terus juga sempet stuck berhenti, maless main. Sampai suatu saat, gua bikin video tapi gak niat, gak dipikirin, gak peduli deh bakal viral apa engga, dan ternyata viral. Akhirnya gua menganalisa dong, apa yang disukain sama penonton, apa yang bikin video ini gak  viral dan yang itu viral, nah akhirnya ketemu di titik dimana ternyata orang lebih suka sama video ini, setelah gua coba lagi buat bikin konten yang related viewsnya jadi meledakk, followers juga naik teruss. Lumayan panjang banget bisa sampai sekarangg. Terus semenjak itu, jadi rajin bikin video, dan tiktok juga hubungin gua buat jadi Content Creator kan, jadi makin  semangat dehh

B: Wah perjuangan banget ya ternyata! Baru tau juga nih kalo jadi Content Creator Tiktok ternyata dipilih dari tiktoknya, dan ngomongin tentang views, gimana perasaan lo pas video lo diliat dan disukain banyak orang dan pas tiktok ngerekrut lo buat jadi content creator?

V: hmm, engga jugaa, cuman ada beberapa yang emang dipilih official, jadi kita bisa kenal sama orang orang tiktok dan didukung oleh mereka gitu.  Walaupun ada yang followersnya tinggi, tapi juga mungkin belum dicontact oleh tiktok official Indonesia nyaa.

Perasaannyaa pasti seneng, tapi juga ada sedihnyaa, ketika banyak video gua yang diambil tanpa ijin atau credit, ataupun ada komentar komentar yang buruk juga. Nah saat tiktok ngerekrut gua, itu bener bener kaget, disaat itu followers gua belum sampai 50.000, dan dia udah sempat direct message gua untuk minta contact buat ngobrol, tapi balesnya lama banget, sekitar jarak 3-4 hari gituu, jadi kayak sedih, apa jangan jangan tiktok salah chat yaa. Tapi ternyata engga, mereka beneran contact gua dan mereka senang sama video – video gua gituu, legaaaa banget.

B: Nah kan konten lo kebanyakan masak nih, lo dapet inspirasi mau masak apa dari mana sih? Ada yang request atau gimana tuh ven?

V: Awalnya, gua bikin semua makanan yang emang suka gua bikin, karena sbelum main tiktok, gua emang sering banget sibuk di dapur, masak buat sendiri atau keluarga, karna nyokap  gasuka masakk. Tapi, keluarga gua suka banget kulineran, suka nyicip makanan ini gaenak itu gaenak, nah gua sering terinspirasi buat bikin yang emang sesuai sama cita rasa gua gitu. Karena kadang males, makan diluar, mahal tapi gaenak. Untuk inspirasi resep, sering ada trend trend kekinian, biasanya ngikutin juga cepet cepet , banyak juga yang request, tapi jarang gua buatin. Yah kebanyakan makanan yang gua makan sehari hari, tapi sering bikin jajanan jawanan pinggiran, biar selama lockdown orang-orang terinspirasi bikin dirumah gituuu.

B: Last but not least, gua mau nanya nih ven lo kan sekarang jadi konten kreator nih, dan pasti ada yang pengen jadi konten kreator kayak lo, nah lo punya tips atau kata motivasi gak, buat orang orang yang baru mau mulai bikin konten di tiktok?

V: Punya dongg!! Nah buat orang orang  yang pengen jadi konten kreator di manapun, terutama bikin konten di tiktok. menurut gua, harus jadi diri sendiri aja, jangan main tiktok atau bikin konten karna mau terkenal, tapi emang jadiin tiktok sebagai refreshing lu, hiburan, atau bermanfaat buat lu atau orang lain juga. Karena sekarag banyak baget orang orang yang pengen viral tapi dengan cara cara yang gak layak, itu akhirnya bakal ngerugiin diri sendiri juga, karena dilihat sama semua orang, komentar komentar secara bebas bisa bikin mental orang down juga. Ataupun lu mencoba ikut ikutan  jadi orang lain, nantinya malah bakal ngehancurin diri sendiri. Kalo emang udah ada jalannya, niatnya positif, pasti bisa sukses untuk jadi konten kreator. Karena konten kreator lebih dituntut untuk bermanfaat buat orang lain gituu, dan masing masing punya keunikannya yang gabisa ditemuin di orang lain!

 

Nah, itu dia hasil wawancara sama Venithya Calista. Ternyata jadi konten creator susah susah gampang ya Blistener. Gimana, bikin lo tertarik buat jadi konten creator gak?

 

(Writer:  Cyntia Novianty / Bvoice Radio)

(Editor: Dhiva Nur Renza / Bvoice Radio)