Wasit dan Peraturan Permainan Softball

Wasit dalam olahraga softball biasa disebut umpire. Dalam pertandingan softball terdapat minimal satu orang hingga tujuh orang hakim atau wasit (umpire). Terdapat satu orang plate umpire dan tiga umpire marka yang menjaga pertandingan. Selebihnya umpire memantau daerah luar. Dalam pertandingan fast pitch dihakimi oleh empat umpire (satu plate umpire, tiga umpire marka). Posisi seorang umpire, berdiri di belakang catcher dan batter. Berfungsi untuk melihat arah datangnya bola yang dilempar pitcher ke batter apakah itu strike atau ball. Umpire juga mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan peristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mematuhi peraturan. Sebagai pemimpin pertandingan adalah umpire plate. Karena sifatnya sebagai pemimpin pertandingan, kekuasaan umpire plate dalam sebuah pertandingan softball adalah mutlak, walaupun dapat diprotes (appealed) keputusannya tidak dapat diganggu gugat apabila protes yang dilakukan pemain atau pelatih atau manager team menyangkut adjustment. Tetapi protes dapat dilakukan dan dapat diterima apabila protes dilakukan terhadap salah penerapan rules. Jadi ada permainan yang dapat dilanjutkan dengan protes. Seorang umpire dapat mengeluarkan dan menjatuhkan hukuman kepada siapa saja baik pemain maupun pelatih untuk keluar dari lapangan jika menurut umpire mengganggu jalannya pertandingan dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  • Tanggung jawab umpire

Kewajiban dan kewenangannya luas disegala segi. Ia akan mengambil posisi dalam setiap bagian lapangan yang menurutnya paling tepat untuk melaksanakan tugasnya.

  • Pergantian umpire

Selama pertandingan masih berlangsung umpire tidak dapat diganti, walaupun kedua tim menyetujuinya, kecuali apabila ia sakit dan tidak dapat melaksanakan tugasnya.

  • Keputusan umpire

Umpire tidak dapat diprotes walaupun dalam pelaksanaan tugasnya ia melakukan kesalahan selama tidak bertentangan dengan salah satu peraturan, setiap keputusan umpire tidak dapat diganggu gugat.

  • Lama permainan

Lama pertandingan dalam softball ditentukan dengan inning. Satu inning adalah satu kali menjadi regu penjaga dan satu kali menjadi regu pemukul. Dalam permainan resmi lama permainan adalah 7 inning.

  • Jumah pemain

Setiap regu dalam permainan softball berjumlah 9 orang dengan pemain cadangan 5-7 orang.

  • Pertukaran tempat

Terjadi perubahan tempat apabila regu penjaga dapat mematikan atau mengeluarkan regu pemukul sebanyak 3 kali.

  • Nilai atau score

Nilai yang diperoleh apabila pemukul berhasil kembali ke home base, atas pukulan sendiri atau pukulan teman.

Rafi Wirantama