HUT BNMC 2024 “Harmony in Diversity (和而不同)”

BINUS Mandarin Club (建国大学中华俱乐部) telah menyelenggarakan acara HUT (Perayaan Ulang Tahun) BNMC yang ke-24 dengan mengusung tema “Harmony in Diversity” (和而不同) yang diadakan pada hari Minggu, 5 Mei 2024. Acara HUT dilaksanakan secara onsite di Student Lounge, BINUS Senayan Kampus JWC dengan dress code colorful. Acara ini dihadiri oleh anggota, aktivis, pengurus, dan juga alumni BNMC.

HUT BNMC ke-24 merupakan sebuah acara rutin tahunan yang diadakan oleh BINUS Mandarin Club (BNMC) untuk merayakan berdirinya BNMC sebagai salah satu organisasi di BINUS University selama 24 tahun. Selain itu, acara ini juga bertujuan agar semua pihak yang pernah menjadi bagian dari BNMC dapat mengenang kembali masa-masa ketika mereka bertugas dan juga perkembangan BNMC hingga saat ini. Tema HUT BNMC ke-24 ini dipilih dengan maksud menggambarkan keberagaman asal dan latar belakang anggota dalam BNMC yang berbeda-beda.

Acara dimulai dengan pengisian entry ticket oleh peserta. Kemudian, HUT BNMC 2024 dipandu oleh Dea Metta Pranata dan Viorentina Gonzales selaku MC untuk memberikan kata-kata pembuka. Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh MC. Selanjutnya, MC juga menceritakan secara singkat tema serta judul dari HUT BNMC tahun 2024. Lalu, Steafanny Konardi selaku Project Manager dari acara HUT BNMC 2024 dan Karen Athaa Sasmitha selaku Ketua Umum BNMC 2024 turut memberikan kata sambutan untuk para peserta yang hadir. Setelah mendengarkan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan bermain games sebagai ice breaking yaitu Simon Shuo. MC menjelaskan aturan permainan yang dimana ketika MC mengatakan Simon Shuo peserta melakukan apa yang disebutkan, dan apabila hanya perintah saja tanpa kata Simon Shuo peserta tidak boleh melakukannya. Setelah sesi ice breaking, acara dilanjutkan dengan performance dari Red Silk Dance Group. Penampilan dari Red Silk Dance Group dibagi menjadi 2 yaitu Traditional Dance yang dibawakan oleh Selvina dan Modern Dance yang dibawakan oleh Michell Laurencia. Acara dilanjutkan ke bagian inti dari event HUT, yaitu tiup lilin dan potong kue yang dilakukan oleh Karen Athaa Sasmitha selaku Ketua umum BNMC 2024 dan Steafanny Konardi selaku Project Manager HUT BNMC 2024. Setelah melalui acara inti, semua peserta dan panitia dipersilakan untuk makan bersama dan bermain di Student Lounge yang difasilitasi dengan billiard hingga bermain playstation.

Setelah waktu istirahat selesai, acara dilanjutkan dengan permainan yi er san si (一, 二, 三, 四), dimana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan barisan tempat duduk yang sudah diatur oleh panitia. Permainan dilakukan per kelompok dan semua anggota kelompok langsung bermain bersama dalam satu ronde permainan. Setelah bergabung dalam kelompok, MC menjelaskan aturan permainan. Permainan dilakukan per kelompok beranggotakan 10 orang. Sebelum memulai permainan, setiap anggota kelompok harus memilih nama makanan chinese yang akan menjadi identitas diri dalam permainan ini. Setelah menentukan nama makanan, semua anggota harus saling mengingat nama makanan yang dipilih anggota kelompok. Permainan dilakukan dengan menyebutkan angka satu hingga sepuluh. Apabila ada yang menyebutkan angka secara bersamaan ataupun yang terlambat menyebutkan angka harus menyebutkan nama makanan yang sudah dipilih anggota lainnya. Apabila tidak mengetahui ataupun salah dalam menyebutkan nama makanan yang sudah dipilih, maka peserta tersebut tereliminasi. Permainan dilanjutkan hingga menemukan satu pemenang dalam setiap kelompok. Setelah menemukan pemenang dalam setiap kelompok, dilakukan babak final dimana setiap pemenang bermain lagi hingga menemukan 1 orang pemenang.

Acara dilanjutkan dengan performance khusus oleh Ketua Umum BNMC 2024, Karen Athaa Sasmitha dan Ketua Region Alam Sutera BNMC 2024, Gwenda Tannia Suryasamudra yang menampilkan dance dengan lagu berjudul 小城夏天 (Xiǎochéng xiàtiān). Acara HUT BNMC tahun ini menjadi spesial dengan adanya sesi karaoke lagu mandarin bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video acara HUT BNMC berupa flashback BNMC yang menayangkan perjuangan dan perkembangan BNMC melalui event-event yang telah diselenggarakan setiap tahunnya.

Setelah penayangan video, peserta disambut oleh penampilan Della Ardelia Panadhika dan Kent Albert Fredson dari Little Dragon Vocal Group yang membawakan cover lagu Faye/Zhan Wen Ting yang berjudul “訣愛” dan Gladys Lionardi dari Little Dragon Vocal Group yang membawakan cover lagu Zhou Shen yang berjudul “大魚”.

Setelah selesai menonton penampilan tersebut, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang games yang jatuh kepada Hasan Kamil Fatahillah dan pemenang best outfit sesuai dengan tema HUT BNMC yang jatuh kepada Nethania Catrice Tiovilda dan Rannu Rafasha.

Pada penghujung acara, MC menutup acara dengan berdoa bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan panitia dan peserta HUT BNMC ke-24. 

“Menurut saya, walaupun pelaksanaan acara HUT kemarin masih ada kekurangannya dan behind the scenenya sempat ada miskomunikasi, tetapi akhirnya sudah berjalan dengan baik. Saya melihat staf-staf sudah bekerja dengan baik dalam menyukseskan acara dan partisipasi peserta juga baik”, ujar Steafanny Konardi, selaku Project Manager HUT BNMC 2024.

Valenthresia