Cai Lun Sang Penemu Kertas

https://1.bp.blogspot.com/-OWOd8mjzDTg/X_tcgNrCyDI/AAAAAAAAGxY/C6MDi4oHEoMsR5qkHFfN1TUAJJ0DMZroACLcBGAsYHQ/w584-h640/Cai%2BLun.jpg

Kertas merupakan salah satu benda yang sering digunakan oleh manusia dalam kesehariannya. Kertas memiliki banyak kegunaan, seperti penyebaran literasi, sastra, pembuatan buku, dan lainnya. Sebenarnya, kertas ini telah ada sejak lama. Semakin berkembangnya zaman, kertas telah mengalami banyak perubahan dari segi penampilannya. Sejarah kertas dimulai pada 105 SM (Sebelum Masehi) di Tiongkok. Penemu dari kertas adalah kasim Cai Lun dari istana Dinasti Han Timur.

Penemuan kertas terjadi secara tidak sengaja, yaitu saat pakaian yang terbuat dari rami direndam terlalu lama. Peristiwa tersebut menyebabkan terbentuknya residu pakaian rami di permukaan air. Ketika residu yang muncul ini diangkat, bahan baru yang bermanfaat dapat dihasilkan. Setelah kejadian tersebut, Cai Lun menyerahkan temuannya kepada Kaisar Hedi dari Dinasti Han Timur. Temuan Cai Lun ini disebut dengan kertas, media yang paling umum digunakan masyarakat untuk menulis.

Di sisi lain, seorang sejarawan bernama Fan Hua mencatat bahwa sejarah penemuan kertas sudah dimulai jauh sebelum Cai Lun. Selain itu, temuan arkeologis dari Tiongkok barat dan Tibet juga menunjukkan bahwa penemuan kertas sudah terjadi berabad-abad sebelumnya. Beberapa arkeolog menemukan sampel kertas yang lebih lama. Beberapa di antara penemuan tersebut berasal dari 200 SM (Sebelum Masehi). Kertas-kertas yang kuno tersebut ditemukan di kota-kota Jalur Sutra di Khotan, Dunhuang, dan Tibet. Iklim yang kering di kota tersebut memungkinkan kertas kuno dapat bertahan hingga 2.000 tahun tanpa sepenuhnya membusuk. Beberapa kertas yang ditemukan juga mempunyai tanda tinta di atasnya. Ini membuktikan bahwa tinta sudah jauh lebih awal ditemukan dari yang diperkirakan.

Seiring dengan berjalannya waktu, digunakan berbagai macam serat untuk memperoleh bahan termurah dengan kualitasnya terbaik pada akhir Dinasti Han. Masyarakat melakukan berbagai percobaan dengan mencampur beberapa serat tanaman berbeda seperti nabati, batang rumput, kulit pohon, rami, dan kain perca. Rotan juga sempat menggantikan kertas rami sebelum digantikan dengan serat bambu yang dijadikan sebagai bahan baku paling umum sejak abad ke-8 Masehi. 

Pada masa Dinasti Song (960-1.279 Masehi), teknik produksi kertas berubah menjadi lebih baik dan bahan baku utamanya adalah kulit pohon murbei. Saat itu, kertas China yang memiliki kualitas tinggi mulai diperdagangkan ke negara-negara asing di sepanjang Jalur Sutra. Penemuan kertas di China sangat membantu penyebaran literasi dan sastra. Keberadaan kertas membuat buku lebih nyaman saat digunakan dan harganya juga lebih terjangkau. Setiap bulannya, pemerintah memberikan ribuan lembar kertas kepada para cendekiawan di akademi kekaisaran. Pada babak selanjutnya, gabungan dari tinta, kuas, dan kertas menjadikan lukisan dan kaligrafi sebagai bidang seni yang paling penting di China.

Penemuan kertas sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pada awalnya, kertas yang hanya digunakan untuk menulis dan membuat buku, sekarang digunakan untuk menghasilkan peta topografi dan militer serta pembungkus untuk teh dan obat-obatan. Kertas juga banyak digunakan untuk membuat topi, kasa kertas, pakaian, sprei, gorden, dan uang.

Sumber : 

Sicca, S. P. (2021, November 3). Mengenal Sejarah Kertas dan Perkembangannya yang Dimulai di China. Kompas.Com. Retrieved August 5, 2022, from https://www.kompas.com/global/read/2021/11/03/214229170/mengenal-sejarah-kertas-dan-perkembangannya-yang-dimulai-di-china?

蔡伦造纸

纸是人类日常生活中经常使用的物品之一。纸有很多用处,例如普及识字、文学、书籍制作等。实际上,纸已经存在了很长时间。随着时间的推移,纸张的外观发生了许多变化。纸的历史始于公元前105年在中国。纸的发明者是东汉朝廷的太监名叫蔡伦。

纸的发现是偶然的,即麻布衣服浸泡时间过长,导致在水面上形成了麻衣残留物。当这些残留物被去除时,可以产生有用的新材料。事情发生后,蔡伦将他的发现交给了东汉和帝。蔡伦的发现被称为纸,是最常用的写作媒介。

另一方面,一位名叫范晔的历史学家指出,纸的发明历史早在蔡伦之前就已经开始了。此外,中国西部和西藏的考古发现也表明,纸的发现可以追溯到几个世纪前。一些考古学家发现了较旧的纸样。其中一些发现可以追溯到公元前 200 年。这些古纸发现于丝绸之路城市于阗、敦煌和西藏。这座城市干燥的气候让古老的纸张可以保存长达 2000 年而不完全腐烂。这些纸张上也有墨迹。这证明墨水的发现比想象的要早得多。

随着时间的推移,各种纤维被用来获得汉朝末时最便宜的最高质量的材料。百姓通过混合不同的植物纤维,如蔬菜、草茎、树皮、大麻和拼凑而成,进行了各种实验。在被竹纤维取代之前,藤也曾短暂地取代了麻纸,竹纤维自公元 8 世纪以来就被用作最常见的原材料。

宋代(公元 960-1279 年),造纸技术发生了变化,主要原料是桑树皮。那时,优质的中国纸开始向丝绸之路沿线的国家进行贸易。纸在中国的发明极大地促进了文学和文学的传播。纸张的存在让书籍在使用时更加舒适,价格也更加实惠。每个月,政府都会向太学院的学者发放数千张论文。下一章,笔墨与纸的结合,使书画成为中国最重要的艺术。

纸的发明对人类生活非常有用。起初,纸张仅用于书写和制作书籍,现在用于制作地形图和军事地图以及茶叶和医药的包装。纸还广泛用于制作帽子、纱布、服装、床单、窗帘和钱。

Penerjemah: Devy Ivana Tati

Keshia Nagaria