SENI BELA DIRI CINA

Kita sudah akrab dengan istilah ‘Kung Fu’ bukan? Sebagian dari kita mungkin pernah menyaksikannya di kehidupan nyata, baik itu saat menonton kegiatan ekstrakurikuler di sekolah maupun saat kita sendiri latihan sebagai olahraga yang kita tekuni. Nama-nama seperti Jackie Chan, Jet Li, dan Donnie Yen juga pasti tidak asing lagi. Mereka adalah aktor Cina yang terkenal karena seni bela diri mereka. Mereka mempopulerkan seni bela diri Cina melalui film-film yang mereka bintangi.

Seni bela diri Cina sering dikenal sebagai Kung Fu atau Wushu. Sebenarnya, kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda. Kung Fu memiliki arti suatu kemahiran yang telah dipelajari dan ditekuni sejak lama, sedangkan Wushu memiliki arti bela diri, bukan hanya bela diri dari Cina. Seni bela diri Cina sendiri merupakan teknik bela diri yang sudah berkembang sejak lama di Cina. Hal tersebut sekarang lebih digemari sebagai olahraga untuk melatih fisik dan mental seseorang, dan bahkan dikenal sebagai salah satu tradisi Cina. Seni bela diri Cina mulai berkembang sejak orang-orang Cina zaman dulu tinggal di lingkungan yang keras. Mereka harus bisa melindungi diri dan menyerang lawan tanpa bergantung pada senjata yang terbuat dari batu dan kayu. Seni bela diri cina lalu dikelompokkan berdasarkan letaknya berasal, cara pembelajaran, dan lain-lain. 

Jenis seni bela diri Cina yang paling terkenal adalah beberapa berikut:

  1. Shaolin Kung Fuhttps://newmantours.com/other/shaolin

Shaolin merupakan asal dari berbagai macam seni bela diri, sehingga muncul pepatah yang menyatakan bahwa semua bela diri yang ada di bumi berasal dari Shaolin. Shaolin sendiri berasal dari sebuah kuil yang berada di Pegunungan Song, Provinsi Henan. Para biksu Shaolin pada zaman itu dikatakan lemah secara fisik karena mereka meditasi terus-menerus. Biksu bernama Bodhidharmalah yang memperkenalkan mereka kepada bela diri. 

Shaolin menjunjung harmoni antara dua filosofi, yaitu Chan, yang merupakan agamanya Shaolin, dan Quan, yang merupakan seni bela dirinya Shaolin. Seorang biksu Shaolin bernama Suxi berkata bahwa Shaolin adalah Chan, bukan Quan. Hal ini mengindikasikan bahwa Quan adalah bagian dari Chan dan bukan sebaliknya. Shaolin terdiri atas ratusan bentuk Kung Fu yang juga dikenal sebagai taolu. Beberapa diantaranya yang paling terkenal adalah Arhat 18 Hands, Emperor’s Long Range Style, Imitative Styles, dan Drunken Style

2.  Tai Chi

https://www.britannica.com/sports/tai-chi-chuan

Tai Chi berasal dari Pegunungan Wudang dan dikembangkan oleh Zhang Sanfeng, seorang ahli Taoisme yang dikatakan hidup selama 307 tahun. Berbeda dengan seni bela diri pada umumnya, gerakan-gerakan Tai Chi sangat lambat dan juga anggun. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan relaksasi dan meditasi serta membantu menenangkan diri. 

Terdapat 5 bentuk Tai Chi paling dominan, yaitu Chen, Yang, Wuhao, Wu, dan Sun. Chen dikembangkan oleh Chen Wangting dan dapat ditandai dengan kekuatannya yang besar dan kuda-kudanya yang rendah. Chen lebih difokuskan untuk gaya bertarung. Yang dikembangkan oleh Yang Luchan dan dapat ditandai dengan gerakannya yang lambat dan anggun. Yang lebih difokuskan untuk meningkatkan kesehatan. Wuhao dikembangkan oleh Wu Yuxiang dan diteruskan ke Hao Weizheng. Wuhao dapat ditandai dengan gerakan-gerakan yang dipengaruhi oleh tenaga dalam. Wu dikembangkan oleh Wu Quanyou dan anaknya Wu Jianquan. Wu dapat ditandai dengan kelembutan dan penekanan pada mengarahkan kekuatan yang masuk. Sun dikembangkan oleh Sun Lutang dan dapat ditandai dengan gerakannya yang tenang namun memiliki kekuatan yang besar. Hal ini efektif untuk relaksasi dan penyembuhan.

3. Baguazhang

https://www.tfaperth.com/p/bagua.html

Baguazhang dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai telapak delapan penjuru. Tidak ada yang tahu siapa yang mengembangkan Baguazhang, tetapi dikatakan bahwa seseorang bernama Dong Haichuan mempopulerkan bela diri tersebut. Ada yang mengatakan bahwa Dong Haichuan mempelajari bela diri tersebut dari ahli Taoisme dan Buddhisme, ada juga yang mengatakan bahwa seseorang bernama Dong Menglin yang mengajarinya Baguazhang. 

Bela diri ini dapat ditandai dengan gerakannya yang melingkar. Dalam menghadapi lawan, orang yang berlatih Baguazhang menarik lawan dengan gerakan melingkar seperti naga, mengawasi lawan dengan mata tajam seperti elang, menetapkan kekuatan seperti harimau, dan kecepatan berputar seperti monyet. 

4. Xingyiquan

https://ymaa.com/articles/xingyiquan-part-1

Xingyiquan merupakan seni tinju yang dikenal dengan serangannya yang cepat dan penuh kekuatan sehingga sangat ampuh dalam pertarungan jarak pendek. Ada yang mengatakan bahwa Xingyiquan ditemukan oleh seorang jendral bernama Yue Fei, ada juga yang mengatakan bahwa bela diri tersebut ditemukan oleh Ji Gong dari Pegunungan Zhongnan, Provinsi Shanxi.

Bela diri ini menggunakan lima elemen dalam gerakannya, yaitu pi, zuan, beng, pao, dan heng. Pi berarti seperti kapak yang menebang terus menerus. Zuan berarti seperti dua ombak yang saling bertabrakan. Beng berarti seperti anak panah yang ditembakkan ke depan. Pao berarti meledak seperti bola Meriam sambil melindungi. Heng berarti melintasi garis serangan sambil membalikkan badan. Bela diri ini juga menggunakan prinsip 10 binatang dalam gerakannya, yaitu beruang, elang, ular, harimau, naga, ayam, kuda, walet, burung pipit, dan monyet.

Seni bela diri Cina memang tampak sulit, namun ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan, seperti meningkatkan kekuatan, meningkatkan rasa percaya diri, menurunkan berat badan, dan mempromosikan hidup sehat. Tidak ada salahnya mencoba berlatih bela diri. Keselamatan kita pun bisa lebih terjamin karena kita tahu cara melindungi diri sendiri.

 

 

 

 

 

 

我们对‘功夫’这个词应该不陌生了吧?我们中的大多数人可能已经亲眼目睹过了功夫,无论是在观看学校的课外活动,还是在我们自己将其当作一项运动进行训练时。像成龙、李连杰、甄子丹这样的名字一定也不陌生了。他们是以武术闻名的中国演员。他们通过参演电影来普及中国武术。

中国武术通常被称为功夫或武术。实际上,这两样东西有着不同的含义。功夫是一种已经研究且实践了很长时间的技能,而武术有着自卫术的含义,但不仅仅是中国的自卫术。中国武术本身是一种在中国发展了很长时间的自卫术。如今,它被当作一种用于提升身体和心理健康的运动,甚至被当作中国的传统之一。自从古代中国人生活在刻苦的环境里,中国武术就开始发展。他们必须学会在不依靠武器的情况下自卫和攻击敌人。人们根据武术的来源和学习方法等对中国武术进行分组。

以下是中国武术最著名的类型:

1. 少林功夫

少林是各种武术的起源,因此俗话说,世界上所有武术都起源于少林。少林本身来自河南省嵩山的一座寺庙。据说当时的少林僧人身体虚弱,因为他们不断打坐。是一位名叫菩提达摩的和尚向他们介绍了武术。

少林崇尚两种哲学理念,‘禅’和‘拳’。‘禅’即少林的宗教,‘拳’即少林的武术。一位名叫苏西的僧人认为,少林是禅而不是拳。这种说法表明拳是禅的一部分而非反义。少林由数百种功夫组成,称为‘套路’。其中最著名的是罗汉十八手、太祖长拳、象形拳和醉拳。

2. 太极拳

太极拳起源于武当山,是由道家大师张三丰推广的,据说他已经活了307岁。与其他武术不同,太极拳的动作缓慢而优美。它旨在促进放松和冥想,并帮助修炼者静下心来。

太极拳由五种最主要的流派,即陈式、杨式、武郝式、吴式、孙式。陈式是由陈王廷推广的,其特点是强大的力量和低稳的马步。陈式更专注于战斗风格。杨式是由杨露禅推广的,其特点是缓慢而优美的动作。杨式更专注于强身健体。武郝式是由武禹襄推广的,并传给了郝为真。武郝式的特点是内力。吴式是由吴全佑和他的儿子吴鉴泉推广的。吴式的特点是温柔且注重转移外界的力量。孙式是由孙禄堂推广的,其特点是沉稳而有力的动作。孙式对放松和恢复体力很有帮助。

3. 八卦掌

印尼语的八卦掌可以被称为八个方向的掌心。这世上没人知道谁是八卦掌的创始人,但据说是董海川普及了它。有人认为董海川是从道教和佛教专家学到的这种武术,也有人认为是一个叫董孟林的人教他八卦掌。

这种武术的特点是圆周的动作。面对对手时,练习八卦掌的人像巨龙一样以圆周运动来拉动对手,像鹰一样用锐利的双眼注视着对手,像老虎一样蓄力,并像猴一样的旋转速度。

4. 形意拳

形意拳是一种以快速,有力的攻击而著称的拳击艺术,因此在短距离战斗中非常有效。有人说形意拳是由一位名叫岳飞的将军发现的,也有人说它是由陕西省,终南山的济公发现的。

形意拳在运动中使用了五个元素,即劈、钻、崩、炮、横。劈的意思是像斧头一样不断砍伐。钻的意思是像两个波浪互相碰撞。崩的意思是像向前射的箭头。炮的意思是像爆炸的炮弹并自卫。横是指越过攻击线时转身。这种武术还运用了十种动物的动作,即熊、鹰、蛇、虎、龙、鸡、马、燕、雀和猴。

中国武术似乎很困难,但它可以提供许多好处,例如增强力量、增加自信、减轻体重和促进健康生活。练习武术没有错。我们可以保证自己的安全,因为我们懂得如何保护自己,。

Penerjemah : Jasmin Anderson

Referensi : 

https://www.chinatours.com/chinese-martial-arts/

https://www.travelchinaguide.com/intro/martial_arts/

https://www.liveabout.com/chinese-martial-arts-styles-2308295

https://mmalife.com/the-benefits-of-training-martial-arts/

https://baike.baidu.com/item/%E4%BA%94%E8%A1%8C%E6%8B%B3/7458320#3 

https://baike.baidu.com/item/%E5%A4%AA%E6%9E%81%E6%8B%B3/84009 

https://baike.baidu.com/item/%E5%85%AB%E5%8D%A6%E6%8E%8C 

Amanda Gouw