Peking Opera, Pertunjukkan Paling Populer di Tiongkok

Sumber: https://www.chinadaily.com.cn/culture/attachement/jpg/site1/20171107/a41f726b05591b6b575b05.jpg

Peking Opera merupakan salah satu pertunjukkan seni yang paling populer dan dominan di Negeri Tirai Bambu. Peking Opera menggabungkan antara pertunjukkan musik, vokal, tarian, akrobatik, dan juga kungfu. Pertunjukkan ini banyak ditemui di kota Beijing, Shanghai, dan Tianjin. Tidak hanya di daratan China, pertunjukkan ini juga dapat ditemui di negara lain seperti Amerika Serikat, Taiwan, dan Jepang.

Asal mula Peking Opera berawal ketika ‘Four Great Anhui Troupes’ membeli Opera Hui pada tahun 1790 di Beijing untuk ulang tahun ke-18 kaisar Qianlong. Pada mulanya, opera ini hanya untuk kaisar/raja dan tidak terbuka untuk publik. Pada tahun 1828, rombongan orang Hubei datang ke Beijing dan memainkan pertunjukkan ini bersama dengan orang Anhui. Di sinilah terjadi perpaduan melodi antara kedua budaya.

Musik dari Peking Opera dapat dibagi menjadi 2, yaitu xipi (yang berarti pertunjukkan kulit wayang) dan erhuang. Pada Peking Opera terdapat empat peran, yaitu: sheng, dan, jing, serta chou. Sheng adalah sebutan untuk pemeran pria, dan adalah sebutan untuk pemeran perempuan, jing adalah sebutan untuk pemeran pria yang wajahnya diwarnai, dan chou adalah sebutan untuk badut yang jenaka. Pemain Peking Opera mengecat wajahnya untuk menampilkan karakter tertentu. Contohnya warna merah untuk melambangkan kesetiaan, hitam melambangkan keberanian dan kebijaksanaan, dan putih menggambarkan karakter yang kejam.

Untuk menjadi seorang aktor Peking Opera, dibutuhkan seleksi ketat dan proses yang panjang. Biasanya sejak usia dini, orang tua akan menyekolahkan anaknya selama tujuh tahun. Setiap pagi siswa harus bangun sejak pukul lima untuk berolahraga. Siang sampai sore hari dihabiskan untuk melatih kemampuan akting dan bela diri. Pada awal mulanya sekolah didirikan, apabila siswa melakukan kesalahan, maka akan dihukum dengan pukulan menggunakan bambu. Akan tetapi, sekarang pelatihan sudah tidak terlalu keras dan digabungkan dengan studi akademik.

Jika Anda tertarik untuk melihat langsung Peking Opera, Anda bisa datang ke Beijing dan mengunjungi teater terkenal seperti Liyuan Theater, Chang’an Grand Theater, Beijing Opera Theater, dan Mei Lanfang Theater. Harga tiketnya sendiri berkisar dari 50 CNY sampai dengan 380 CNY. Sebagai catatan, tiket teater ini jumlahnya terbatas dan habis dalam waktu beberapa jam saja.

Jeremy Christiandi