Pakaian Tradisional Samfoo

SumberGambar : https://bajutradisionals.com/pakaian-tradisional-cina/contoh-pakaian-tradisional-cina/

Samfoo merupakan pakaian harian wanita Tiongkok. Selain wanita Tiongkok, para pria Tiongkok juga menggunakan Samfoo. Sam merupakan pakaian bagian atas yang dipadukan dengan pita agar baju bagian atas tidak menggantung, sedangkan Foo merupakan sepasang celana yang dipadukan dengan ikat pinggang atau tali. Dan kain disekitar pergelangan kaki juga diikat untuk mencegah bagian bawah celana mengepak atau mengembang.

 

Pada zaman dahulu, masyarakat pedesaan Tiongkok membuat Samfoo dari berbagai macam bahan. Ada masyarakat yang membuatnya dari rami dan kapas lalu diwarnai dengan warna hitam dan biru gelap. Bagi masyarakat kalangan atas biasanya Samfoo mereka terbuat dari bahan yang bagus seperti sutra, satin, dan brokat. Secara tradisional, Samfoo dibuat dari kain tenun yang diproduksi dari anggota keluarga yang menggunakan alat tenun tali belakang.

 

Pada saat abad ke-19, masih banyak masyarakat yang memproduksi sendiri Samfoo nya. Namun, seiring berjalannya waktu pada abad ke-20 ketersediaan kain semakin luas dan banyak masyarakat yang mulai membeli Samfoo di pasar atau mendapatkannya dari tukang jahit. Saat ini pakaian Samfoo sudah jarang terlihat karena sebagian masyarakat hanya memakainya pada acara-acara perayaan Tiongkok sebagai penanda identitas Tiongkok.

 

Sumber Penulisan / Daftar Pustaka :

 

http://eresources.nlb.gov.sg/infopedia/articles/SIP_2013-09-27_175007.html