FESTIVAL QI XI JIE (七夕节)

Steven Nathanael / 2101660815

Sumber : http://jadeturtlerecords.blogspot.com/2015/08/the-qixi-festival.html

Festival “Qi Xi Jie” atau “Qi Qiao Jie” adalah festival tradisional Cina yang penuh cinta dan penting untuk wanita kuno, tetapi tidak dikenal seperti festival tradisional lainnya.

Setiap tanggal 7 bulan 7, masyarakat China dan Taiwan merayakan hari Valentine. Namun saat ini, adat ini telah hilang dan orang-orang muda sekarang paling menyukai Hari Valentine Barat, sebagai hari besar / istimewa untuk mengungkapkan cinta antara sepasang kekasih.

Pada zaman kuno, hari ketujuh ganda adalah sebuah festival penting bagi perempuan muda dan gadis-gadis muda. Tidak peduli miskin atau kaya, mereka akan mengenakan pakaian terbaik mereka dan menempatkan dupa di halaman dan beberapa buah sebagai persembahan.

Kemudian semua gadis dalam keluarga akan bersujud kepada Niulang dan Zhinu dan berdoa supaya berwajah cantik dan diberi keahlian menenun. Saat Dinasti Song, para gadis akan menyimpan seekor laba-laba di dalam kotak. Jika keesokan harinya laba-laba itu membentuk jaring, maka gadis – gadis tersebut akan mendapat rezeki yang bagus.

Selain dikenal dengan 七夕; qī xī (The Night of Sevens), ada yang menyebutkan hari tersebut sebagai :

  • The Festival to Plead for Skills (乞巧节; qǐ qiǎo jié)
  •  The Seventh Sister’s Birthday (七姐诞; qī jiě dàn)
  •  The Night of Skills (巧夕; qiǎo xī)

 

Sumber :

https://www.tionghoa.info/festival-qi-xi/

Steven Nathanael