MEIHUA, BUNGA NASIONAL TIONGKOK

Sumber Gambar : https://pixabay.com/en/wild-plum-blossom-bloom-tree-51392/

Bunga Meihua (梅花) atau sering disebut juga bunga plum adalah bunga nasional dari negara Tiongkok yang diresmikan pada tanggal 21 Juli 1964. Bunga ini melambangkan ketekunan dan kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan, hal ini dikarenakan bunga Meihua tetap tumbuh dan mekar meskipun saat menghadapi musim dingin yang ekstrim. Bunga Meihua juga dipandang sebagai simbol musim dingin dan pembawa musim semi. Mereka juga melambangkan kecantikan, kesucian, dan hal fana. Pada era abad 20 ini, bunga Meihua juga dilambangkan sebagai metafora dalam perjuangan revolusioner.

Bunga Meihua berasal dari Tiongkok, tepatnya pada sungai Yangtze di Tiongkok daratan dan selanjutnya menyebar ke daerah Jepang, Korea, Vietnam, dan Taiwan. Bunga Meihua dapat tumbuh di berbagai tempat seperti hutan, pinggiran sungai, sepanjang jalan dan bahkan pegunungan dalam ketinggian 1.700 – 3.100 meter. Bunga Meihua tumbuh pada pertengahan musim dingin, biasanya pada bulan Januari hingga Februari di Asia Timur. Pohon bunga Meihua tumbuh hingga setinggi 4-10 meter dan bunganya berdiameter 2-2.5cm.

Bunga Meihua sangat dicintai di Tiongkok sejak dahulu, hal ini dibuktikan dengan banyaknya karya seni dan literatur yang mengangkat tema menggunakan bunga ini. Salah satu karya puisi yang terkenal adalah karya puisi oleh Lin Bu dari masa dinasti Song yang berjudul “Bunga Meihua di Taman Bukit” (山園小梅). Puisi tersebut kemudian mendapat sambutan dan balasan dari berbagai penulis lainnya seperti Wang JunQing dan Su DongPo dan menjadi bahan perbincangan di era dinasti Song.

Setelah itu, adapula legenda Putri Shouyang, dimana legenda tersebut mengisahkan Putri Shouyang yang sedang beristirahat di bawah pohon plum dekat istana Hanzhang. Pada saat itu, sebuah kelopak bunga jatuh tepat di dahi putri Shouyang dan meningkatkan kecantikan sang putri. Para gadis di istana terkesan dengan kelopak bunga tersebut sehingga mereka menggunakan riasan yang berbentuk seperti kelopak bunga Meihua. Riasan kelopak Bunga Meihua ini kemudian dikenal dengan nama Meihua Zhuang (梅花妝). Selanjutnya, Putri Shouyang disebut sebagai dewi bunga Meihua dibudaya Tiongkok.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://en.wikipedia.org/wiki/Prunus_mume

Emily