Apple Rilis Chip M1 Buatan Sendiri, Apa Keunggulannya?

Halo, semuanya! Kabar baik untuk para pengguna Apple karena pada akhir tahun 2020, Apple memperkenalkan prosesor komputer pertama mereka sendiri, Chip M1. M1 adalah System on a Chip (SoC) berbasis arsitektur ARM (Advanced RISC Machine) pertama yang dirancang oleh Apple khusus untuk digunakan di perangkat Mac.

Mac terbaru Apple tidak dilengkapi dengan prosesor Intel. Sebagai gantinya, mereka menggunakan prosesor chip M1, pengganti yang kuat untuk CPU Intel yang telah mendukung komputer Apple sejak 2006. Produk Apple yang tersedia dengan M1 yaitu MacBook Air, MacBook Pro 13 inci, Mac mini, iMac 24 inci, dan iPad Pro terbaru.

Rilisnya prosesor terbaru Apple memicu banyak pembicaraan yang membandingkan antara Chip M1 dan Intel, prosesor yang sudah lama digunakan Apple bertahun-tahun. Terlepas dari sejarah panjang Intel, chip M1 telah berhasil memimpin dalam hal kinerja dan performa.

M1 Apple menawarkan peningkatan drastis yang unggul dalam kinerja dan efisiensi pemakaian. Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli Mac atau iPad yang didukung M1, kamu harus mengetahui lebih banyak mengenai fitur-fitur yang dimiliki M1. Yuk, simak masing-masing fiturnya di bawah ini!

Seluruh Sistem dalam Satu Chip

M1 menggabungkan berbagai teknologi canggih ke dalam satu chip. M1 diproduksi dengan teknologi proses 5 nanometer dengan dukungan 16 miliar transistor, jumlah terbesar yang pernah Apple masukan dalam sebuah chip. Sebelumnya, Mac menggunakan beberapa chip untuk CPU, sistem input-output (I/O), dan security. Dengan M1, semua teknologi itu digabungkan menjadi satu sistem dalam satu chip.

Performa CPU 3,5x lebih cepat

 

Menurut Apple, chip M1 3,5x lebih cepat daripada prosesor Intel di Mac sebelumnya. M1 memiliki CPU 8-core yang terdiri dari empat inti performa tinggi dan empat inti efisiensi tinggi. Masing-masing inti dirancang untuk memberikan kinerja tinggi dalam menjalankan tugas seefisien mungkin dengan penggunaan energi yang lebih hemat.

 

Performa GPU 6x lebih cepat

Apple menggunakan GPU tercanggihnya untuk M1, dengan GPU 8-core. Komputer berbasis M1 unggul dalam kinerja grafis, mampu menjalankan hampir 25.000 threads secara bersamaan dan dapat menangani tugas yang sangat menuntut dengan mudah. Dalam hal itu chip M1 lebih unggul dari chip Intel, yang biasanya dipasang pada Macbook Pro generasi sebelumnya.

 

Didukung Teknologi Kecerdasan Buatan

Chip M1 menghadirkan kecerdasan buatan Apple yaitu Neural Engine, komponen yang pertama kali ditambahkan Apple ke chip seri-A beberapa tahun lalu. Neural Engine dirancang untuk mempercepat tugas machine learning di seluruh Mac untuk hal-hal seperti analisis video, pengenalan suara, pemrosesan gambar, dan banyak lagi. Dengan arsitektur 16-core, chip M1 mampu melakukan performa hingga 15x lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

 

Lebih Hemat Energi

Bukan hanya terdapat banyak peningkatan luar biasa, chip M1 juga lebih hemat baterai daripada chip Mac lainnya yang telah dirilis Apple hingga saat ini. Daya tahan baterai di Mac M1 bertahan hingga 2x lebih lama daripada di Mac generasi sebelumnya. Produk Apple dengan chip M1 dengan daya tahan baterai terlama adalah MacBook Pro 13 inci, yang bertahan hingga 20 jam.

 

Peningkatan Fitur Keamanan

M1 memiliki Secure Enclave bawaan yang mengelola Touch ID dan pengontrol penyimpanan dengan kinerja SSD yang lebih cepat dan lebih aman. Tidak seperti Mac generasi sebelumnya yang menggunakan chip T2 built-in, pada M1 chip sekunder tidak diperlukan lagi. Secure Enclave mempunyai lapisan keamanan tambahan sehingga lebih aman dalam melindungi data pengguna.

Nah, itu dia fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh Apple pada chip M1. Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah kalian tertarik untuk mencoba fitur-fitur menarik yang diberikan Apple chip M1? Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!