“TIPS MENGATASI RASA TAKUT NAIK PESAWAT”

“5 Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat”

Tasya Dwi Yuliartha
2101648021

Bagi sebagian orang, terbang merupakan suatu hal yang menyenangkan karena bisa sampai tujuan dengan cepat. Tetapi, sebagiannya lagi menganggap bahwa terbang adalah suatu hal yang mengerikan dan menyiksa. Ketakutan akan naik pesawat pasti bisa terjadi pada siapapun, terutama bagi penumpang yang baru pertama kali naik pesawat ataupun yang mengalami Aviophobia (ketakutan seseorang akan terbang alias takut naik pesawat). Jika kalian merasa masih takut naik pesawat, yuk kita hilangkan bayang – baying ketakutanmu akan naik pesawat dengan mengikuti 5 tips dibawah ini:

  1. Tenemukan pemicunya

            Ketakutan / phobia terhadap pesawat memang harus diatasi. Kunci utama dari menghilangkan rasa takut adalah kamu harus mengenali pemicunya seperti apa yang kamu takuti dari naik pesawat dan bagaimana cara mengatasinya. Karena untuk menyembuhkan rasa takut, kamu harus bisa menyembuhkan penyebabnya. Seperti misalnya, jika pemicunya adalah takut ketinggian, maka kamu bisa duduk di bagian pinggir (bukan di sebelah jendela) agar kamu tidak bisa melihat ke arah keluar. Atau bisa juga begitu sampai di pesawat kamu langsung tidur, sehingga kamu bisa nyaman tanpa merasa takut karna tingginya pesawat yang sedang terbang.

  1. Bekali diri dengan pengetahuan seputar pesawat

            Seringkali kita memikirkan hal menakutkan yang akan terjadi saat menaiki pesawat. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kita mencari tau informasi atau fakta mengenai penerbangan itu sendiri. Karena jika kita sudah mengetahui faktanya, maka perasaan buruk-pun akan berkurang. Seperti misalnya, banyak sekali orang takut naik pesawat karena hujan lebat ataupun bird strike sehingga mereka menyangka bahwa mesin akan rusak dan pesawat akan jatuh. Yang perlu kalian ketahui, setiap pesawat sudah dipastikan telah melalui test sedemikian rupa agar memenuhi kualitas dan keamanan penerbangan. Jika banyak air masuk ke dalam mesin pesawat, mesin pesawat tidak akan mati. Begitu juga dengan bird strike ataupun burung yang masuk ke dalam mesin pesawat. Mesin pesawat tidak akan semudah itu untuk mati karena sudah dirancang khusus untuk menghadapi ancaman – ancaman yang mungkin terjadi di udara.

  1. Menenangkan diri ketika terjadi goncangan

            Biasanya ketika ada goncangan, yang ada di benak penumpang ketika pesawat terbang adalah takut jatuh. Goncangan selama terbang sebenarnya tidak perlu untuk ditakuti. Pesawat komersial telah didesain khusus untuk menahan tenaga jauh lebih kuat dibanding sekedar goncangan. Pesawat tidak akan hancur hanya karena goncangan saja. Jadi, jika terjadi turbulensi di pesawat, anggap saja sebagai goncangan yang kamu alami saat berkendara dengan mobil yang melewati jalanan yang tidak rata. kamu bisa fokus pada hal lain, dibandingkan pada turbulensi.

  1. Hindari membaca informasi mengenai kecelakaan pesawat

            Sebaiknya sebelum terbang, hindari membaca informasi mengenai kecelakaan pesawat. Karena dengan kita membacanya, otomatis kita akan merasa ketakutan karena bisa jadi akan mengalami hal yang serupa. Seperti saat Pesawat Lion Air JT610 jatuh, banyak sekali orang yang membatalkan penerbangannya ke Bangka Belitung karna takut mengalami hal serupa. Hal itu sangatlah salah karena bisa mempengaruhi pikiran kita untuk tidak jadi terbang naik pesawat. Yang kalian perlu ketahui adalah pesawat merupakan kendaraan yang paling minim kecelakaan. Menurut Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat, kemungkinan terjadinya kecelakaan pesawat memiliki rasio 1 : 7178. Jauh lebih kecil dari kecelakaan mobil yang mencapai 1 : 98. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk naik pesawat. Hanya saja jangan lupa untuk selalu berdoa agar perjalanannya kamu selalu dilindungi oleh Tuhan YME.

  1. Nikmati setiap penerbangan

            Buatlah diri kamu senyaman mungkin agar kamu dapat menikmati perjalanan. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif, hiraukan rasa takutmu dengan menghindari pemicu yang ada. Bayangkan kamu sedang bermain di dufan dengan wahananya yang sampai jungkir balik. Tetapi kamu tetap senang bukan? Bahkan wahana dufan lebih buruk daripada naik pesawat yang bikin spot jantung. Jika kamu bisa have fun saat menaiki wahana dufan, kenapa pesawat tidak?

            Nah itu dia 5 tips untuk menghilangkan rasa takutmu jika ingin naik pesawat. Dengan melakukan hal diatas secara perlahan dan bertahap, pasti deh kamu akan melupakan rasa takutmu akan terbang dengan pesawat dan akan terbiasa dengan penerbangan tanpa mempunyai rasa takut yang berlebihan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Artikel Binus Tv Club

CHINTHYA ROBERT