“LARI PAGI”

“Lari Pagi”
Berliani Eka Saputri
2101700056

Sumber Gambar : Artikel BINUS TV Club

              Tahukah kamu? Setiap pergantian waktu, khususnya waktu di pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan aktivitas olahraga di tempat terbuka. Sebenarnya tidak ada waktu khusus yang bisa menentukan kapan waktu yang tepat agar kalori pada tubuh bisa terbakar dengan maksimal. Waktu berolahraga lebih berpengaruh kepada perasaan kamu ketika berolahraga. Beberapa orang merasa lebih bersemangat untuk berolahraga ketika dilakukan pada pagi hari karena udara yang masih segar. Namun, sebaliknya jika olahraga di lakukan pada malam hari tidak disarankan karena dapat menaikkan frekuensi denyut jantung dan suhu tubuh, sehingga dapat menurunkan kualitas tidur. Sebaiknya saat tidur, tubuh dalam kondisi tenang dan istirahat. Banyak yang belum mengetahui begitu hebatnya manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh, jika Anda sudah mengetahuinya pasti akan meninggalkan jauh-jauh ranjang empuk dan selimut hangat esok pagi.
Rutin berolahraga di pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pada pagi hari juga sangat menguntungkan, karena tidak terganggu dan menganggu kesibukan sehari-hari. Lari pagi sebagai aktivitas fisik terstruktur sangat baik untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.  Waktu yang pas untuk lari pagi adalah 04.00 – 05.59 pagi tetapi akan lebih efektif untuk lari pagi adalah pada pukul 06.00 – 09.00 pagi. Nah, berikut beberapa hal manfaat apabila kita rutin olahraga lari di pagi hari :

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

            Bagi anda yang memiliki tubuh kurus, lari pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Energi yang anda gunakan saat lari pagi, dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin lama anda berlari, maka semakin banyak pula energi yang anda keluarkan Biasanya setelah aktifitas fisik yang anda lakukan, keinginan untuk makan akan muncul. Bagi yang sedang diet, tentu tidak di anjurkan makan setelah lari. Sebaliknya, bagi anda yang ingin menaikkan berat badan. Makan setelah lari pagi bisa manjadi cara untuk mencapai keinginan anda tersebut.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

             Tubuh yang lemas dan terlihat loyo adalah penyebab kurangnya olahraga. Pekerjaan menjadi tidak cepat selesai karena konsentrasi berkurang. Aktifitas lari pagi baik untuk meningkatkan konsentrasi anda. Stamina lebih prima serta meningkatnya metabolisme tubuh memberikan aliran oksigen menuju otak lebih lancar. Alhasil, daya ingat serta konsentrasi anda lebih meningkat.

  1. Baik untuk Tulang Kaki, Panggul, dan Punggung

            Seperti penjelasan sebelumnya, selain bisa menambah massa otot, manfaat lari pagi juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang untuk menjadi lebih padat dan kuat, terutama tulang-tulang yang ikut bergerak seperti tulang panggul, tulang punggung, paha, tungkai bawah dan tulang kaki. Lebih khusus lagi, di saat kita berlari, bagian kaki menjadi tumpuan tubuh, maka dari itu tulang kaki akan terlatih untuk lebih kuat sehingga tidak mudah patah.

  1. Membakar Kalori Tubuh 

    kita memiliki cadangan energi berupa glikogen di otot, di hati, dan lemak. Semuanya di dapatkan melalui makanan, jika tidak digunakan energi berlebih dari makanan akan menjadi jaringan lemak, itulah alasan mengapa seseorang menjadi gemuk. Bagaimana cara mengurangi jaringan lemak? Cara terbaik adalah memaksa tubuh agar jaringan lemak dipecah menjadi energi. Lari pagi merupakan salah satu solusi, ketika tubuh belum mendapatkan asupan, namun telah melakukan aktifitas berupa lari pagi, maka tubuh akan menggunakan cadangan energi. Dengan demikian, lemak akan dipecah dan tentu saja cara ini dapat dimanfaatkan untuk meurunkan berat badan. Bagi yang tidak mau turun berat badan tidak usah takut, makanlah yang banyak setelah lari pagi!

5.      Meningkatkan Stamina

             Banyak yang menganggap lari pagi membuat orang kelelahan saat bekerja. Hal ini wajar terjadi, jika olahraga ini dilakukan dengan intensitas tinggi. Namun, jika anda melakukan lari santai selama 20-30 menit saja. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Salah satunya meningkatkan stamina tubuh. Untuk menjaga stamina anda selalu dalam konsisi prima, lakukanlah lari pagi secara konsisten setiap hari. Dengan begitu, anda akan merasa bahwa stamina anda telah meningkat dibandingkan sebelumnya.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Artikel BINUS Tv Club