PULAU TIDUNG

PULAU TIDUNG

Siti Sasqia Nazar

1901470550

 

Sumber Gambar : Artikel Binus TV Club

Ketika kamu membayangkan suasana kota Jakarta, apa yang ada difikiranmu? Apakah macet, padat, dan polusi? Hm, tunggu dulu jangan langsung beranggapan buruk. Karena Jakarta punya tempat menarik yang wajib dikunjungi saat liburan tiba. Bagi kamu yang tinggal di kota metropolitan dan ingin pergi ke pantai dengan lokasi yang strategis dan harga yang terjangkau, tentunya Pulau Tidung yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Seribu ini menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat.

Ada hal yang membuat Pulau ini begitu menarik. Selain pasir dan air pantainya yang jernih, salah satu surga kecil yang ada di Kepulauan Seribu ini terbagi menjadi dua bagian. Penduduk setempat menyebutnya Tidung Besar dan Tidung Kecil. Tidung Besar menjadi tempat untuk penduduk tinggal dan beraktifitas. Sedangkan Tidung Kecil digunakan sebagai kawasan pengembangbiakan mangrove dan tidak berpenghuni.

Dua bagian dari pulau tersebut terhubung dengan Jembatan Cinta yang menjadi ikon Pulau Tidung. Berbicara tentang Jembatan Cinta, asal mula nama tersebut berawal dari sebuah mitos setelah jembatan ini selesai dibuat banyak pasangan pria dan wanita yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk menyatakan kisah asmaranya dan menjadi pasangan yang abadi. Hal ini tentunya menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung. Selain hal tersebut, pengunjung biasanya terjun bebas dari bagian jembatan yang tinggi ke dalam laut yang ada dibawahnya. Jembatan Cinta juga menjadi lokasi yang cocok untuk menikmati matahari terbit dari ufuk barat. Namun untuk melihat matahari terbenam pengunjung harus pergi ke Pantai Cemara Kasih atau Pantai Saung Perawan yang lokasinya berdekatan.

Banyak hal yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Pulau Tidung. Ke Tidung tidak lengkap rasanya jika tidak melihat rahasia alam pemandangan bawah lautnya. Bagi kamu yang suka berenang, Diving atau Snorkeling adalah kegiatan yang disarankan. Perbedaan dari kedua kegiatan tersebut, Snorkeling hanya berenang pada permukaan air laut yang dangkal saja. Sedangkan Diving kamu harus menyelam dibawah permukaan air untuk menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Tidak hanya itu, dibagian pesisir pantai Pulau Tidung juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air seperti donat boat dan banana boat.

Jika berkunjung ke Tidung, hanya ada jalan setapak yang menjadi jalanan umum pulau ini. Jalanan tersebut dikelilingi oleh warung-warung kecil, perumahan warga, dan sebagainya yang menjadi tempat kebutuhan kehidupan warga sekitar. Tentunya bersepeda menjadi kegiatan yang asyik untuk mengelilingi pulau sambil menikmati pemandangan laut. Sepeda juga sering digunakan oleh penduduk setempat untuk melakukan aktifitas kehidupannya sehari-hari. Tidak hanya sepeda, ada alat transportasi yang dinamakan Bentor atau Becak Motor bagi pengunjung yang tidak bisa bersepeda.

Bagi kamu yang ingin bermalam di pulau ini, penduduk setempat bahkan menyediakan sebagian kamar yang ada rumahnya untuk disewakan. Selain rumah penduduk, di pulau ini juga menyediakan homestay dengan fasilitas yang beragam dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Untuk dapat hinggap di pulau ini ada berbagai akses perjalanan dari pelabuhan yang menyediakan  penyebrangan untuk ke Tidung. Salah satunya pengunjung harus menyebrangi laut selama kurang lebih 2 sampai 3 jam dengan cara menaiki kapal penumpang yang berlokasi di Pelabuhan Muara Angke. Bila perjalanan tersebut terasa begitu lama, Dermaga Marina Ancol menjadi rekomendasi bagi kamu yang mabok laut. Selain perjalanan yang cepat, kapal yang ada pada Dermaga ini lebih nyaman. Namun harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal.

Nah, itulah sekilas penjelasan tentang pulau Tidung yang memikat para wisatawan dengan keindahan alam yang ada didalamnya. Kini telah banyak travel wisata yang menyediakan paket untuk berkunjung ke Surga kecil ini. Bagaimana, kamu berminat?

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Artikel Binus Tv Club

William