LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN AKTIVIS BINUSIAN GAMING 2024

Organisasi Binusian Gaming dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A). Kegiatan tersebut merupakan program pelatihan untuk calon aktivis yang akan dilantik menjadi aktivis Binusian Gaming yang dimana nantinya akan menjalankan program kerja dan kegiatan Binusian Gaming kedepannya.

Organisasi Binusian Gaming adalah salah satu organisasi di BINUS yang fokus pada pengembangan game di Indonesia. Binusian Gaming menyelenggarakan kegiatan LDK-A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) sebagai upaya melatih aktivis baru yang akan bergabung di tahun 2024. Tujuan tersebut akan membuat kemampuan dalam memimpin dan membangun karakter pribadi, serta mendapatkan ilmu baru terkait organisasi Binusian Gaming.

Setelah melakukan pretest, kegiatan LDK-A dimulai dengan sambutan dari Ketua Organisasi Binusian Gaming (OK), Nafiftinan Rifdaffadhila Tamami. Nafiftinan menyampaikan tujuan dari kegiatan LDK-A dan seberapa penting kepemimpinan tersebut dalam dunia game.

Selanjutnya, Nafiftinan mengisi terkait kepemimpinan. Membahas tentang bagaimana cara berkomunikasi, mengambil keputusan yang baik, manajemen waktu, dan menjalankan tugas selama proker berjalan. Presentasi tersebut sangat berguna dan interaktif bagi para Aktivis dan mereka menangkap seberapa berharga dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang sangat dibutuhkan dalam Binusian Gaming.

Dalam kegiatan LDK-A yang dilakukan pada hari ini, ada 4 region yang melakukan kegiatan tersebut secara onsite yaitu Kemanggisan, Alam Sutera, Malang, dan Bandung. Semarang melakukan kegiatan LDK-A secara online melewati zoom.

Setelah materi selesai disampaikan oleh Nafiftinan, para Aktivis diminta untuk mengerjakan Post Test. Post Test yang dilakukan Aktivis bertujuan untuk sejauh mana Aktivis telah memahami materi yang disampaikan. Dengan mengisi Post Test, Pengurus dari region dapat menilai pemahaman Aktivis dan efektivitas kegiatan LDK-A.

Setelah pengisian Post Test selesai, para Aktivis diberikan waktu untuk istirahat dan berinteraksi dengan sesama anggota calon Aktivis lainnya. Setelah istirahat, masing-masing region melanjutkan aktivitas sendiri.

Kegiatan LDK-A ditutup dengan penyampaian ucapan terima kasih kepada seluruh Aktivis dan Pengurus. Kegiatan LDK-A ini didokumentasikan dalam bentuk foto dan video sebagai kenangan dalam Binusian Gaming dan untuk kegiatan selanjutnya.

Zealvern Leonhart Warouw