BIC

BINA UKM

Sebagai club bisnis di sebuah universitas swasta, mahasiswa bisnis dan ekonomi terus memper-
hatikan p-erkembangan perekonomian dan dunia bisnis di Indonesia. Saat ini hal yang paling luar biasa dari sebuah pereknomian Indonesia bahwa 60% dari GDP (Gross Domestic Product) kita berasal dari UKM-UKM. Seperti yang disampaikan juga oleh presiden kita saat ini, Bapak Jokowi, bahwa UKM adalah penggerak ekonomi kita.

Namun beberapa tahun belakangan ini, UKM di Indonesia masih sulit berkembang. Hal ini bisa dilihat dari Pelaku UKM Indonesia sekitar 55 juta unit, dimana 98,82% merupakan usaha mikro (BPS,2011) yang umumnya berorientasi usaha survival (bertahan), belum entrepreneurial (tumbuh dan berkembang). Dari aspek penyerapan tenaga kerja, Usaha Mikro secara umum baru mempekerjakan diri sendiri, belum menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

Potensi UKM Indonesia saat ini sangatlah besar, namun sangat disayangkan ketika UKM-UKM ini dengan orientasi usaha yang masih survival membuat pengusaha UKM itu sendiri hidup dengan pendapatan yang tidak meningkat. Belum lagi potensi UKM ini yang harusnya bisa menyerap tanaga kerja, belum bisa maksimal karena kurangnya pengetahuan, kemampuan, maupun orientasi cara berpikir yang masih kepada “asal bisa hidup sudah cukup.”

Di sisi yang lain, mahasiswa yang merupakan calon pemimpin masa depan saat ini memiliki media dan kesempatan yang terbatas untuk bisa mengaplikasikan kemampuan ilmu bisnis manajerial mereka di dunia dan kasus yang nyata. Kurangnya sumber daya dan pengalaman juga cenderung menjadi halangan mahasiswa berkreasi dan akhirnya membuat bisnis yang sama dengan yang lainnya. Hal ini membuat kesempatan untuk membangun bisnis yang inovatif menjadi terhambat.

Saat ini Indonesia membutuhkan satu juta wirausahaan lagi untuk mencapai 2% penduduk sebagai wirausaha. Hal inilah yang ingin kita dorong agar mahasiswa yang mempunyai ilmu yang cukup dap at bertemu dengan pengusaha UKM yang mungkin terbatas ilmu, namun mempunyai sumber daya dan potensi yang tinggi.

Kami BIC (Binus IBM Club) selaku wadah bagi Mahasiswa/i ingin membantu untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran kritis dari mahasiswa untuk dapat me-
mecahkan suatu permasalahan yang kemudian dapat berkontribusi positif kepada masyarakat, melakukan transfer ilmu, mengembangkan kehidupan dan taraf hidup masyarakat, serta membi-
na masyarakat untuk dapat memajukan perkenomian Indonesia.

Samuel