Peran BGDC Sebagai Pembimbing di GEMASTIK XVIII
Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) merupakan salah satu program strategis Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, yang dirancang untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi, kreativitas, serta berkontribusi nyata bagi bangsa melalui pemanfaatan TIK.
Pada tahun ini, Binus Game Development Club (BGDC) kembali hadir sebagai wadah bagi mahasiswa BINUS yang ingin mengembangkan potensi di bidang game development sekaligus berkompetisi di ajang nasional GEMASTIK.
Sebagai platform, BGDC menyediakan fasilitas serta bimbingan yang dilakukan secara online untuk mendukung para mahasiswa. Tidak hanya itu, BGDC juga membantu proses pembentukan tim serta mendampingi jalannya kegiatan, baik dari sisi teknis maupun kreatif, agar setiap peserta dapat lebih siap menghadapi kompetisi.
Dalam pelaksanaannya, BGDC menghadirkan PIC (Person in Charge), setiap tim berkesempatan untuk merancang konsep, berdiskusi secara intensif, hingga mendapatkan masukan dan saran yang membangun. Dengan demikian, para BINUSIAN dapat lebih terarah dalam mengasah kemampuan sekaligus menghasilkan karya yang kompetitif.
Pada tahun ini, peserta lomba berasal dari berbagai region, mulai dari Kemanggisan, Bekasi, hingga Semarang. Meskipun tersebar di lokasi berbeda, seluruh peserta mendapatkan fasilitas dan bimbingan yang sama secara terorganisir dari PIC. Salah satu tahap terpenting dalam proses kreatif, khususnya dalam pengembangan game, adalah sesi kritik dan saran. Pada tahap ini, perhatian difokuskan pada aspek-aspek utama seperti core loop, core mechanics, concept art, dan story.
Selain menyediakan kelas untuk meningkatkan keterampilan teknis, BGDC juga menekankan peran aktif PIC dalam mentoring. Diskusi rutin diadakan dua kali sebulan melalui Discord. Platform ini memudahkan PIC dan peserta untuk melapor, berkoordinasi, serta berbagi informasi maupun dokumen secara real-time, meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda.
Pada tanggal 6 September 2025, tim 1 LOGIC Bawang Studio berhasil lolos menjadi finalis di GEMASTIK XVIII dan melanjutkan ke babak berikutnya. Tim tersebut juga telah lolos finalis di acara GEMASTIK tahun lalu di bawah para pembimbing yang salah satunya merupakan BGDC. Dengan begitu, dari prestasi tersebut membuktikan BGDC tidak hanya berfokus kepada pembelajaran teknis internal, tetapi juga mendukung pengembangan potensi mahasiswa ke tingkat nasional serta memberikan motivasi kepada peserta lomba untuk tetap gigih melawan tantangan.