Daftar Beginner Blender Tutorials untuk Membuat 3D Game Assets

Visual merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah game. Dalam men-develop sebuah game, pada tahap visual, kita harus menentukan apakah visual game bersifat 2D atau 3D.

Artikel kali ini kita akan fokus dalam pembuatan 3D game asset untuk membantu kalian yang mau men-develop game dengan visual 3D tetapi belum mengenal 3D program. Dengan membuat game asset sendiri, kita dapat membuat objek yang kita inginkan karena tidak semua game asset yang ada di internet gratis maupun sesuai dengan keinginan kita.

Kita akan fokus menggunakan 3D program Blender yang merupakan program gratis serta dapat diakses oleh siapapun tanpa biaya tambahan.

read more

Untuk tutorial pertama, akan dijelaskan basic – basic penggunaan Blender yang dijelaskan secara singkat, padat, dan jelas.

Selanjutnya, sebelum memulai modelling characters atau benda yang complex, sebaiknya mulai dari modelling hal – hal yang sederhana seperti membuat sebuah donat. Donat bentuknya sangat sederhana dan lebih mudah direplika dengan mengikuti seri tutorial Blender Guru ini:

Klik di sini untuk link playlist yang lengkap.

Tutorial ketiga, dalam tutorial ini, akan dijelaskan modelling sebuah character yang simple dan cocok untuk pemula.

Tidak suka dengan style character sebelumnya? Tutorial keempat ini menjelaskan pembuatan sebuah character dengan style berbeda dan low poly.

Sebuah model game asset tidak akan lengkap tanpa texture. Jadi untuk tutorial terakhir, berikut merupakan video yang akan menjelaskan basic UV unwrapping serta texture painting.

Bagaimana menurut kalian? Apakah video – video tutorial ini membantu kalian dalam memasukki dunia 3D modelling untuk membantu kalian membuat game asset? Untuk dapat modelling objek 3D lebih advance, disarankan untuk selalu melakukan latihan yang sederhana seperti membuat model – model yang mudah serta melakukan research yang lebih dalam daripada artikel ini agar kalian dapat mengembangkan skill 3D modelling.