Rune Factory 4 Special – What is So Special About it?

Rune Factory 4 Special

“Harvest Moon where you wield a sword”

Rune Factory adalah serial RPG simulasi yang dikembangkan oleh Neverland Co., Ltd. dan diterbitkan oleh Marvelous Interactive Inc., Natsume, dan Rising Star Games. Serial ini merupakan spin-off dari serial Harvest Moon/Story of Seasons. Bisa dibilang, Rune Factory adalah Harvest Moon/Story of Seasons dengan genre fantasi. Sejak seri pertamanya, “Rune Factory: A Fantasy Harvest Moon” yang dirilis pada tahun 2006 di konsol Nintendo DS, serial Rune Factory telah mencapai seri ketujuhnya, yaitu “Rune Factory 4 Special” di konsol Nintendo Switch. Meski seri ini telah dirilis di Jepang sejak 25 Juli 2019 lalu, para penggemar internasional baru bisa menikmati versi Bahasa Inggrisnya tahun berikutnya, yaitu 25 Februari 2020.

Sebelum kita membahas Rune Factory 4 Special, mungkin akan lebih baik apabila kita mengenal sedikit pendahulunya, yaitu “Rune Factory 4”. Jika kalian sudah mengetahuinya, kalian bisa langsung melangkahi ke dua paragraf berikutnya.

RF4 adalah seri keenam dari serial Rune Factory yang dikembangkan oleh Neverland untuk konsol Nintendo 3DS. Game ini telah dirilis pada tahun 2012 di Jepang dan tahun 2013 di Amerika Utara. Sama seperti game-game sebelumnya di serial Rune Factory, permainan ini mengambil tema simulasi pertanian di dunia fantasi. Jadi selain bertani, berkebun dan beternak, pemain juga dapat bertarung dan berteman dengan monster di dungeon, mengasah kemampuan bersenjatanya, serta membuat senjata dan aksesoris bertarung tingkat atas untuk menambah status kekuatan maupun pertahanannya. Tentu saja sebagai spin-off dari serial Harvest Moon/Story of Seasons, ada satu fitur yang tidak boleh terlewat, yaitu pernikahan.

Setahun setelah Rune Factory 4 dirilis, perusahaan yang mengembangkannya, Neverland mengalami kebangkrutan. Hal ini membuat para penggemar bertanya-tanya mengenai nasib seri Rune Factory yang selanjutnya. Tahun berikutnya, terdengar kabar bahwa perusahaan Marvelous telah memperkerjakan para mantan developer Rune Factory di Neverland. Kabar ini tentu memberi harapan baru kepada para penggemar Rune Factory. 7 tahun setelah Rune Factory 4 dirilis, Marvelous akhirnya mengumumkan tanggal rilis Rune Factory 4 Special serta Rune Factory 5 yang sedang dikembangkan.

Jika Rune Factory 5 memang sudah dalam pengembangan, lalu untuk apa Rune Factory 4 Special dirilis?

Sebuah majalah Jepang, Nintendo Dream, memuat sesi wawancara seputar topik serial Rune Factory di cetakan April mereka. Wawancara ini dilakukan dengan Yoshifumi Hashimoto, presiden dan direktur perwakilan dari Hakama serta Shirou Maekawa, perancang game dari Marvelous. Isi dari wawancara ini diterjemahkan oleh Nintendo Everything. Di wawancara ini, Maekawa menyatakan bahwa Rune Factory 4 Special dirilis untuk ‘mengingatkan kembali’ para penggemar Rune Factory. Seperti yang kita tahu, Rune Factory 4 Special merupakan seri Rune Factory yang dirilis tujuh tahun sejak seri pendahulunya dirilis. Dalam 7 tahun tersebut, bukannya tidak mungkin jika para pemain Rune Factory yang sebelumnya sudah melupakan keseruan yang dulu pernah mereka rasakan. Rune Factory 4 Special ini juga ditujukan untuk memperkenalkan kembali apa itu serial Rune Factory sebelum Rune Factory 5 dirilis. Dengan dirilisnya seri ini di Nintendo Switch memberi kesempatan kepada para pemain Switch (baik itu penggemar serial Rune Factory ataupun tidak) yang belum pernah memainkan Rune Factory 4 di 3DS sebelumnya.

Rune Factory 4 Special tidak hanya membawa kembali fitur-fitur di Rune Factory 4. Ada juga fitur-fitur eksklusif yang hanya dapat diakses oleh pemain Switch. Beberapa di antaranya:

Peningkatan Kualitas Audio dan Video

Jika diperhatikan, resolusi gambar pada Rune Factory 4 Special meningkat drastis. Tim developer Rune Factory 4 Special ini tentu bekerja ekstra keras karena harus mengonversi game yang awalnya dual screen menjadi single screen tanpa mengurangi kualitas gambarnya.

Selain itu, Rune Factory 4 Special juga memberi kesempatan bagi pemain yang ingin mendengar suara karakter Rune Factory 4 Special dalam Bahasa Jepang. Menurut penulis, ini tambahan yang sangat menarik. Sejak seri pertamanya, Rune Factory hanya menyediakan audio Jepang untuk permainan versi Jepang pula. Secara pribadi penulis lebih suka mendengar audio Jepang saat bermain game buatan Jepang. Sayangnya, kemampuan Bahasa Jepang penulis tidak cukup untuk memainkan game berbahasa Jepang tanpa bantuan terjemahan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Honestly, this is like a dream come true.

Newlywed Mode

Setelah menikah dengan karakter di Rune Factory 4 Special, kalian akan mendapat akses ke Newlywed Mode. Di mode ini, kalian bisa memilih salah satu dari 13 12 kandidat menikah untuk memainkan skenario khusus dengan karakter pilihanmu sebagai suami/istri kalian. Kalian akan diminta untuk mengisi nama kalian, nama panggilan kalian ke pasangan kalian, dan nama panggilan pasangan ke kalian. Skenario ini bukan hanya berupa event di mana kalian hanya bisa menekan satu atau dua tombol untuk melihat adegan selanjutnya. Kalian bisa memainkan karakter kalian dan berinteraksi dengan karakter lain ataupun melakukan kegiatan lain seperti biasa. Di mode ini juga ada animasi baru untuk setiap karakternya loh.

Animasi Baru

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, setiap karakter memperoleh animasi barunya sendiri yang dapat kita akses di Newlywed Mode.

Selain itu, animasi baru juga dapat kita lihat pada opening Rune Factory 4 Special. Opening ini tidak hanya menggunakan lagu baru tetapi juga beberapa cutscene dan art style yang berbeda dari sebelumnya. Opening ini diawali dengan adegan membuka lembaran di sebuah buku biru tua. Selain itu, gambar di adegan-adegan berikutnya memiliki efek goresan pensil yang memberi kesan bahwa ini adalah cerita lama. Cerita yang telah dialami sebelumnya dan disampaikan ulang melalui buku biru tua tersebut. Tidakkah ini cara yang menarik untuk membawa pemain lama bernostalgia?

Hell Mode

Bagi para pemain veteran yang menginginkan tantangan baru, jangan khawatir. Apabila seri sebelumnya hanya memiliki 3 mode kesulitan, yaitu Easy, Normal, dan Hard, Rune Factory 4 Series memiliki mode kesulitan baru, yaitu Hell.

Secara keseluruhan, sebenarnya tidak banyak fitur baru yang disediakan di Rune Factory 4 Special ini. Seperti yang dikatakan Maekawa, tujuan dari dirilisnya seri ini adalah untuk mengingatkan kembali pengalaman seru dan menakjubkan yang dulu pernah dirasakan para pemain lama dan mengenalkan pengalaman tersebut ke pemain baru yang tidak sempat merasakannya. Mungkin ada yang merasa fitur-fitur baru ini tidak cukup menakjubkan untuk membuat kalian tertarik memainkan permainan yang sama dua kali. Mungkin ada yang berpikir sebaliknya dan tertarik untuk mencoba fitur-fitur baru tersebut. Bagaimana menurutmu? Apakah seri ini seistimewa namanya?