Penampilan UKM BDM di Peringatan HUT RI yang Ke-77 di Universitas Bina Nusantara

Penampilan BDM di Peringatan HUT RI yang Ke-77 di Universitas Bina Nusantara


(Foto diambil oleh Herklots Harold – Mahasiswa Juruan DKV New Media Universitas Bina Nusantara)

Pada hari Rabu, 17 Agustus 2022 lalu, kita memperingati hari ulang tahun Bangsa Indonesia yang ke-77. Hari tersebut tentunya diperingati dengan berbagai perayaan serta upacara bendera yang sudah menjadi tradisi hari kemerdekaan dari tahun ke tahun. Mulai dari berbagai institusi pendidikan, perusahaan, dan tentunya istana negara menggelar upacara bendera yang terbaik dalam memperingati hari kemerdekaan ini, tak terkecuali universitas kita tercinta, Universitas Bina Nusantara. 

Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT RI yang ke-77 ini diselenggarakan di Kampus Universitas Bina Nusantara, yang bertempat di Alam Sutera, pada pukul 07.00 dengan mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Selama upacara tersebut berlangsung, UKM Bersama Dalam Musik beserta Kelompok Paduan Suara Paramabira juga hadir untuk memeriahkan rangkaian upacara dengan mengiringi pengibaran bendera dengan memainkan lagu “Indonesia Raya”, “Mengheningkan Cipta”, serta memberikan penampilan di bagian akhir rangkaian upacara.

Pada upacara tersebut, Kelompok Paduan Suara Paramabira membawakan lagu “Satria Indonesia” setelah amanat upacara selesai dikumandangkan. UKM Bersama Dalam Musik juga turut memberikan penampilan setelah upacara dibubarkan dengan membawakan lagu berjudul “Nusantara” yang merupakan hasil komposisi dari salah satu talent, conductor, sekaligus Ketua Regional Alam Sutera UKM Bersama Dalam Musik, Timotius Ruby Guntheres. Selain Timotius Ruby sebagai conductor, penampilan UKM BDM kali ini juga diisi oleh permainan dari Nana Rianti, Eilene C. Chu, dan Isaura Fedora sebagai talent violin, Jeremy Kenneth sebagai talent gitar, Dyo Adikara sebagai talent trombone, Marta Natalie Sie sebagai talent cello, Immanuel Abraham Mahardhika Y. T. sebagai talent cajon, serta Joety Johannes sebagai talent piano. 

Meskipun seharusnya menjadi puncak penampilan UKM BDM di upacara tersebut, pada saat lagu “Nusantara” dimainkan, terdapat masalah di bagian sound equipment dari pihak Binus, yang menyebabkan speaker yang digunakan oleh UKM Bersama Dalam Musik tidak berfungsi. Akibatnya, permainan UKM Bersama Dalam Musik menjadi tidak terdengar oleh peserta upacara yang berada cukup jauh dari lokasi para pemain orkestra UKM Bersama Dalam Musik. Hal tersebut tentu saja sangat mengecewakan, mengingat setiap talent sudah mempersiapkan yang terbaik untuk penampilan puncak UKM BDM di upacara bendera tersebut. Dengan adanya tulisan ini, kami berharap hal yang tidak mengenakkan seperti ini tidak akan terulang lagi dalam acara Binus lainnya, baik dalam penampilan UKM Bersama Dalam Musik selanjutnya ataupun penampilan dari UKM lain.

#SalamBDM 

Adriella Noah