Mengenal Tifa, Alat Musik Tradisional dari Papua dan Maluku

Mengenal Tifa, Alat Musik Tradisional dari Papua dan Maluku

Indonesia memiliki keberagaman yang sanag besar dalam berbagai aspek, salah satunya pada alat musik tradisional. Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musiknya masing-masing, yang memberikan ciri khas tersendiri bagi musik di setiap daerah Indonesia. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang salah satu alat musik tradisional Indonesia, yaitu tifa.

Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dua daerah, yaitu dari Papua dan Maluku. Pada kedua daerah tersebut, alat musik tifa memiliki perbedaan yang signifikan pada bentuk alat musiknya. Alat musik ini terbuat dari kulit dan kayu lenggua yang isinya dikosongkan. Pemilihan kayu lenggua menjadi salah satu bahan pembuatan alat musik tifa, dikarenakan kualitasnya yang lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kayu yang lain. Ada 3 jenis yang berbeda dari alat musik ini, yaitu tifa dasar, tifa potong, tifa bas, dan tifa jekir. Jenis-jenis tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan daerah asal dari masing-masing tifa. Cara memainkan alat musik ini tidak jauh berbeda dengan gendang, yaitu dengan dipukul atau ditabuh. Namun, alat musik ini memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada ukiran motif di alat musik tersebut. Ukiran tersebut menandakan status sosial, sekaligus menjadi simbol dari pemilik tifa.

Alat musik tifa biasanya digunakan untuk memeriahkan pesta adat, acara penyambutan, dan mengiringi berbagai pertujukan seni, terutama yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat setempat.

 

Referensi :

  • https://travel.detik.com/travel-news/d-5174424/alat-musik-tifa-sejarah-bunyi-dan-fungsi-lengkap
  • https://kumparan.com/berita-update/sejarah-fungsi-dan-cara-memainkan-alat-musik-tifa-1wOOrCpKcCF/full
Kalvin Jonathan Ginting