Pengaruh Musik terhadap Konsentrasi Manusia

Lydia Puwardi
2101663312
Activist of Talent Director UKM BDM Binus University Alam Sutera

Pada era globalisasi ini, konsentrasi sangat diperlukan terutama dalam kehidupan sehari – hari. Tanpa adanya konsentrasi, segala aktivitas kita tidak akan berjalan dengan lancer. Oleh karena itu, konsentrasi dapat dikatakan suatu hal yang sangat penting. Namun, apa yang dimaksud dengan konsentrasi? 

Konsentrasi adalah kemampuan otak dan pikiran kita untuk memusatkan perhatian kepada suatu hal tertentu. Kebanyakan orang hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal saja, namun ada juga yang dapat berkonsentrasi atau fokus dalam dua hal akan tetapi jumlahnya sangat sedikit. Mengapa demikian? Karena pada umumnya otak kita hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal, jika berkonsentrasi pada dua hal saat bersamaan maka konsentrasi kita tidak akan berjalan maksimal. Konsentrasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: factor eksternal dan internal. Yang termasuk faktor internal adalah asupan nutrisi, serta faktor psikologi dan fisik. Sedangkan, Faktor eksternal adalah suara dan suasana sekitar. Namun yang akan dibahas pada artikel ini adalah faktor eksternal, yaitu musik yang merupakan suara yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi sesorang.

Musik adalah bentuk seni yang menggunakan suara sebagai elemen utamanya. Musik juga sudah sangat berkembang dan memiliki berbagai jenis dan aliran. Dan dari berbagai aliran tersebut tentunya mempunyai ketukan – ketukan, ritme, dan nada yang berbeda – beda. Aliran musik apa sih yang mempengaruhi tingkat konsentrasi kita? Dan Mengapa Demikian?

Dari sekian banyak aliran hanya ada beberapa aliran yang mempengaruhi dalam meningkatkan konsentrasi kita, yaitu: music klasik, blues, dan jazz. Hal ini dikarenakan alunan music yang tenang, tempo yang lambat, serta dapat membuat suasana menjadi santai. Menurut pakar, nada – nada yang dikolaborasikan pada musik klasik, blues, jazz dapat mempengaruhi gelombang listrik pada otak manusia. Dengan adanya aliran music tersebut, maka gelombang listrik yang dihasilkan semakin baik dengan demikian terciptalah konsentrasi yang baik juga. 

Namun adapula aliran yang menghancurkan konsentrasi kita salah satunya music Rock. Hal ini disebabkan volume yan memekakkan telinga dapat mengacaukan gelombang listrik yang ada di otak dan dapat menyebabkan konsentrasi seseorang pecah sehingga seseorang kesulitan berkonsentrasi. Namun tidak semua orang sama, oleh karena itu adapula orang yang dapat berkonsentrasi dengan mendengarkan aliran music rock.

Source :