The Vegetable Orchestra

Nyoman Putri Widiastini
2101711665
Activist of Public Relations UKM BDM Binus University Alam Sutera

 

source : https://goo.gl/images/JxLd2b

Pernahkah kalian melihat sayur atau buah menjadi alat musik? Atau pernahkah kalian melihat orkestra dengan meniup dan memainkan sayuran? Tentu saja tidak! Sayur-sayuran tersebut bisa diubah menjadi alat musik dengan sentuhan kreatifitas oleh The Vegetable Orchestra. Dari beberapa sayuran dibentuk menjadi alat yang bisa mengeluarkan suara seperti alat-alat orkestra. Selain menciptakan alat, cara memainkannya pun sama seperti orkestra yaitu dengan partitur sebagai panduan. Awalnya banyak orang yang tidak percaya dengan orkestra sayuran, karena mereka menganggap hal tersebut sangat aneh dan tidak wajar. Tetapi sekarang orkestra sayuran menjadi hal yang unik dan kreatif bagi pendengar musik orkestra.

Hanya satu dari seluruh dunia, pertama kali munculnya orkestra sayuran pada 1998 terletak di Vienna, Austria. Hingga sekarang The Vegetable Orchestra sudah berusia 20 tahun dengan perkembangan yang pesat. Alasan orkestra ini menjadi orkestra yang paling unik, karena sayur adalah media utama untuk para musisi. Pada awalnya mereka berpikir bahwa tidak ada hal yang mustahil untuk menciptakan musik dengan sayuran. The Vegetable Orchestra juga berkata bahwa tidak ada batasan dalam bermain musik, musik bisa ditemukan dimana saja dan bersifat universal. Dari situlah musisi-musisi mulai berkreasi dengan semua tipe sayuran di pasar. Sebelum itu, mereka melakukan riset untuk membuktikan bahwa sayur bisa menciptakan musik, dengan memukul, menggesek dan meniup. Riset pertama yang mereka dapat yaitu, tomat bisa mengeluarkan suara, namun bisa menjadi berantakan disekitar lokasi. Selain tomat, selanjutnya ada labu, wortel, terong, daun bawang dan sebagainya. Ada beberapa tahapan persiapan untuk memulai konser orkestra sayuran. Pertama, para musisi akan turun langsung ke pasar mencari sayur sesuai dengan alat musik yang akan digunakannya. Lalu, musisi akan berkumpul disatu tempat untuk mulai mendekorasi sayuran yang sudah dibeli. Sayuran akan dibentuk sebaik mungkin hingga mengeluarkan suara yang pas sesuai permintaan lagunya.

source : https://goo.gl/images/xafqYw

Setelah itu mereka akan mulai tampil orkestra dengan aliran lagu yang bervariasi. Aliran lagu tersebut bisa berupa musik kontemporari, beat-oriented House tracks, experimental Electronic, Free Jazz, Noise, Dub, Clicks’n’Cuts dan masih banyak lagi. Satu hal yang lebih unik adalah, sisa potongan sayuran tidak akan dibuang. Sisa potongan sayuran akan dijadikan makanan seperti sup atau cemilan dan diberikan kepada penonton orkestra sayuran secara gratis. Sangat efektif sekali untuk tipe orkestra sayuran!

Nah yang bisa kita ambil dari tulisan diatas adalah musik itu tidak terbatas. Musik itu universal dan kreatif. Jangan sungkan atau melarang orang yang memiliki selera musik berbeda dari biasanya. Hargailah orang-orang yang memiliki keunikan dan support mereka yang kreatif.

Sources :
http://www.vegetableorchestra.org
https://youtu.be/xM1EjIDLMLY